Hasil Sempurna La Furia Roja

Pemain Spanyol berselebrasi usai Alvaro Morata mencetak gol dari titik putih. Foto: UEFA.COM/palpos.id

MADRID, PALPOS.ID-  Spanyol sukses kemenangan telak atas Swedia di lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2020, Selasa (11/6) dinihari WIB. Menjamu Swedia di Stadion Santiago Bernabeu, La Furia Roja menang dengan skor 3-0.

Kemenangan atas Swedia menjadikan Spanyol sebagai penguasa  di Grup F. Dari 4 laga yang sudah dijalani, Spanyol meraih hasil sempurna yakni selalu menang dan mengoleksi 12 angka tanpa kekalahan.

Pertandingan ini sendiri berjalan tidak mudah bagi Sergio Ramos Cs. Betapa tidak, sepanjang jalannya babak pertama, tuan rumah mengalami kesulitan untuk mencetak gol. Banyak peluang terbuang.

Skuad asuhan Luis Enrique ini baru bisa menciptakan gol  pada menit 64, itu pun dari titik putih yang dieksekusi oleh Sergio Ramos. Penguasaan bola Swedia hanya 25 persen menandakan tim tamu bertahan dengan sangat keras.

Dan, Spanyol baru bisa mencetak gol lagi pada menit 85. Lagi-lagi dari titik putih yang dieksekusi oleh pemain pengganti Alvaro Morata. La Furia Roja mencetak gol ketiga pada menit 87 dan kembali oleh pemain pengganti Mikel Oyarzabal. Skor 3-0 bertahan hingga laga berakhir.

Kemenangan ini memberikan tempat bagi Sergio Ramos sebagai man of the match. Center Back Real Madrid ini mencetak satu gol dan melepaskan akurasi umpan sebesar 93 persen. Dia pun melepaskan dua tembakan mengenai target.

“Saya menawarkan penalti kepada Morata karena striker harus mencetak gol dan saya ingin finisher kami menemukan kesenangan dan sentuhannya kembali. Ini adalah upaya kolektif dan hanya hasilnya, bukan siapa yang mencetak gol, yang penting tim menang,” ujar Ramos dikutip dari laman resmi uefa.com.

Spanyol sejauh ini sudah mengoleksi 12 poin dari 4 laga yang sudah dilakoni. Konsistensi mereka sepanjang laga kualifikasi Piala Eropa diharapkan jajaran juru taktik dapat dipertahankan.

“Ada 18 poin tersisa untuk dimainkan. Saya pikir lebih baik siap untuk berjuang dan merayakan ketika kita lolos secara matematis. Jika kita mendapatkan 30 poin, itu lebih baik dari 27 poin,”  timpal asisten pelatih Spanyol, Roberto Moreno.

Sementara, pelatih Swedia Janne Andersson mengakui jika Spanyol memiliki kemampuan yang layak untuk mengalahkan timnya. Empat laga dengan hasil sempurna, menjadi ciri khas dari La Furia Roja.

“Saya sedikit sedih kehilangan poin ini, tetapi Spanyol adalah tim yang lebih baik. Kami tahu sebelumnya bahwa mereka adalah tim yang kuat. Kami memainkan permainan dengan cara yang seharusnya kami lakukan dan para pemain bekerja keras di sana. Kami akan datang lagi,” ujarnya.

Dalam laga lain kejutan muncul di Grup A. Tuan rumah Bulgaria dikalahkan tim tamu Kosovo dengan skor 2-3.

Itu menjadi kemenangan pertama Kosovo di kualifikasi Euro 2020. Bahkan, tim asuhan Bernard Challandes tersebut belum terkalahkan dari tiga laga yang sudah mereka lakoni di Grup A. Kosovo menjadi penantang serius Rep Cheska dan Inggris di Grup A. (FAN)