Pemohon SKCK Membludak, Didominasi Ojol dan Pelamar Kerja

Tampak pemohon SKCK sedang mengisi formulir saat menunggu antrean, Selasa (11/06). Foto: Mizon/Palpos.id
PALEMBANG, PALPOS.ID – Pada hari kedua masuk kerja pasca libur lebaran, Selasa (11/06), pemohon baru dan perpanjangan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polresta Palembang membludak.
Untuk perpanjangan SKCK sendiri, didominasi komunitas ojek online. Sedangkan pembuatan baru kebanyakan kalangan pelajar SMA yang baru lulus, untuk keperluan melamar pekerjaan.
Seperti dikatakan, Sari (19), warga Jalan PDAM Tirta Musi, Lorong Swadaya, Kecamatan IB I Palembang. Dia bersama beberapa temannya, sengaja datang lebih awal untuk membuat SKCK.
“Kami dari pukul 08.00 WIB pagi tadi, sekarang masih ngantri. Buat SKCK untuk keperluan ngelamar kerja,” katanya.
Senada dikatakan, Irma Sari (22), warga Jalan Panca Usaha, Lorong Palapa, Kecamatan SU I Palembang. Ia membuat SKCK untuk melengkapi berkas sebagai persyaratan kerja di perusahaan swasta ternama di Palembang.
“Saya mau ngelamar kerja di perusahaan yang ada di Jakabaring, Pak. Baru pertama ini, saya memvuat SKCK, jadi masih bingung ngisi formulirnya,” ujarnya sambil mengisi blanko SKCK.
Sementara, Brigadir Teguh, selaku Baur Material SKCK Polresta Palembang, mengakui jika dalam dua hari terakhir pasca libur lebaran, pembuatan SKCK membludak.
“Setelah libur lebaran, begitu pelayanan kita buka langsung membludak,” katanya.
Menurut dia, para pemohon kebanyak kalangan ojek online dan para pencari kerja lainnya. Rata-rata, kata Teguh, dalam sehari pihaknya bisa melayani 400 lebih pemohon.
“Apalagi kabarnya akan ada pembukaan CPNS, jadi banyak yang membuat SKCK untuk persiapan nanti mereka melamar,” ujarnya, seraya mengatakan, kalau pelayanan SKCK buka dari pukul 08.00 – 15.00 WIB. (Zon)