Usai Lebaran, Banyak Pasangan yang Nikah

Tampak salah seorang pemuda sedang konsultasi masalah pernikahan di kantor KUA Tebing Tinggi, Selasa (11/6). Foto : Pad/palpos.id

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID– Pasca hari raya Idul Fitri 1440 Hijiriyah, warga Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang. Banyak melangsungkan pernikahan.

Hal ini bisa terlihat jelas dari data yang ada di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empat Lawang. Kepala KUA Tebing Tinggi A.Armansyah mengatakan, pasca hari raya Idul Fitri ada 42 pasang yang akan melangsungkan pernikahan.

“42 pasang itu sudah pasti, ini kemungkinan nambah lagi, pagi tadi (red, kemarin) saja sudah ada dua pasang daftar jadi 44, karena ini baru tanggal 10 belum tutup untuk bulan ini, karena tutup itu akhir bulan,” kata Armansyah.

Jika hari-hari biasanya lanjut Armansyah, tidak sebanyak habis lebaran ini, 30 pasang itu sudah maksimal. “Hari-hari biasa pasangan yang akan melangsungkan pernikahan hanya berkisar antara 20 sampai 30 pasang. Tetapi usai lebaran jumlahnya bisa mencapai dua kali lipat,” ujarnya.

Jika sudah memasuki bulan Juli, sambung Armansyah, itu sudah kembali normal. Tapi biasanya akan kembali ramai, usai hari raya Idul Ad’ha. “Ini ramai, yang pertama habis lebaran itu libur, yang jelas libur itu keluarga kumpul semua, terus ini sudah tradisi habis lebaran banyak yang nikah itu,” pungkasnya.

Banyaknya warga yang melangsungkan pernikahan pasca lebaran, disebabkan banyak faktor. Selain adanya anggapan usai lebaran adalah hari yang baik dan bulan yang baik, selain itu, usai lebaran banyak sanak dan keluarga dari jauh yang masih pulang kampung, sehingga bisa ikut menghadiri hajatan. (PAD)