Skuad timnas Korsel U-23 berselebrasi usai lolos ke partai final Piala Dunia, foto : FIFA/palpos.id

LUBLIN, PALPOS.ID  – Tim nasional Korea Selatan (Korsel) menorehkan sejarah baru di kancah sepak bola internasional. Secara mengejutkan, timnas junior Korsel melenggang ke babak final Piala Dunia U-20.

Pasukan muda Kesantria Taeguk lolos ke partai puncak FIFA U-20 Wolrd Cup Poland 2019 setelah mengalahkan Ekuador di babak semifinal yang berlangsung di Arena Lublin, kemarin. Korsel menang 1-0 lewat gol Jun Choi di menit ke-39.

Ini akan menjadi final pertama Korea Selatan di turnamen FIFA pria. Sebelumnya, hanya tim Piala Dunia Wanita U-17 Korsel yang mampu tembus hingga ke partai pemungkas. Itu terjadi pada Piala Dunia 2010.

Pada Piala Dunia U-20 yang merupakan turnamen dua tahunan, prestasi terbaik Korea Selatan adalah finis keempat. Mereka mencapai semifinal di Meksiko pada tahun 1983. Kala itu mereka kalah atas Brasil dan kemudian ditaklukkan Polandia pada pertandingan perebutan tempat ketiga.

“Suatu kehormatan bisa bermain di final pertama negara kami. Tujuan kami sejak awal kamp pelatihan adalah untuk memenangkan gelar. Semua orang, mulai dari starter hingga cadangan, datang bersama sebagai satu tim. Itulah bagaimana kami dapat melangkah sejauh ini,” kata Choi di Yonhap dikutip dari Korea Times.

Pelatih Korsel, Chung Jung-yong, mengaku tidak pernah kehilangan kepercayaan pada kemampuan pemainnya untuk lolos ke final. “Setelah kami mendapat gol di babak pertama, kami ingin menjaga keunggulan dan mencari peluang lewat serangan balik di babak kedua,” ujar Chung.

Pada final 16 Juni mendatang, Korsel akan berhadapan dengan Ukraina. Pada laga semifinal, Ukraina yang mengakhiri laga dengan 10 pemain setelah Denys Popov diusir di menit ke-79 mengalahkan salah satu favorit juara, Italia, juga dengan skor tipis 1-0. Gol Ukraina dipersembahkan Serhiy Buletsa di menit ke-65.

“Pertama, saya ingin memuji semua rekan satu tim saya. Kami menang sebagai tim malam ini. Kekuatan kami adalah kebersamaan dan soliditas kami. Saya sangat senang telah mencetak gol, tetapi sungguh, seluruh tim yang mencetak gol,” tegas Buletsa di situs resmi FIFA.

Pelatih Ukraina, Oleksandr Petrakov, mengaku sangat bahagia dengan sukses anak asuhnya melenggang ke final. “Saya sudah mengenal para pemain ini selama lima tahun. Saya dapat memberi tahu Anda bahwa Serhiy adalah pemain yang sangat baik,” kata Oleksandr Petrakov. (amr/fan/fin)

Susunan Pemain

Korsel U-20: Kwang-Yeon Lee; Tae-Hyeon Hwang, Jae-Ik Lee, Ji-Sol Lee, Hyun-Woo Kim; Se-Hun Oh, Kang-In Lee (Tae-Joon Park 73), Jae-Hyeon Ko (Won-Sang Eom 82), Ho-Jin Jeong; Jun Choi, Se-Yun Kim (Young-Wook Cho 54)

Ekuador U-20: Moises Ramirez; Jackson Porozo, Diego Palacios, Jhon Espinoza (Daniel Segura 76), Gustavo Vallecilla; Jose Cifuentes, Leonardo Campana, Jordan Rezabala, Alexander Alvarado; Sergio Quintero (Jefferson Arce 83), Gonzalo Plata