Kotak sampah yang disiapkan DLH Banyuasin di mess Pemkab Banyuasin, foto Malyadi/palpos.id

PANGKALAN BALAI, PALPOS.ID – Setelah ada keluhan dari masyarakat, sampah yang berserakan di jalan Komplek Perumahan Kepala Dinas langsung ditindaklanjuti oleh petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuasin.

“Sudah tidak ada lagi sampah yang berserakan tadi,”ujar Erwin Ibrahim Kepala BAPPEDA dan Litbang Banyuasin kepada palpos.id.

Ternyata sampah yang dibuang sembarang tempat tersebut adalah tamu mess Pemkab Banyuasin yang menginap bukan penghuni tetap rumah kepala dinas.

“Kebetulan saat itu orang yang sering buang sampah disitu, katanya kepergok oleh petugas kebersihan dan telah diberikan teguran,”tegas mantan Kepala Diskominfo Banyuasin.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banyuasin Izromaita meminta kepada penghuni rumah dinas maupun tamu mess Pemkab Banyuasin agar membuang sampah pada tempatnya.

Karena saat ini sudah ada sejumlah kotak sampah yang sediakan disekitar rumah dinas dan mess pemkab.

“Jadi jangan sampai ada lagi orang yang membuang sampah sembarangan, mari jaga lingkungan sekitar agar tetap bersih,” harap dia.

Diberitakan sebelumnya, sampah menumpuk di jalan yang lokasinya dekat Mess Pemkab dan rumah dinas pejabat.

Amin, salah satu warga yang melintas mengatakan, mestinya lingkungan rumah dinas pejabat steril dari persoalan sampah. Namun kenyataan yang terjadi tidak demikian, tumpukan sampah mengganggu pemandangan dengan bau tak sedap.

Tumpukan sampah pun dinilai mencederai program Banyuasin Religius, dikarenakan tak sesuai dengan semangat keimanan seorang muslim yang mengedepankan kebersihan.

Sampah yang berada di tikungan belakang Mes Pemkab dan dekat rumah dinas itu, dominan berupa sampah plastik yang tak mampu diurai oleh tanah. “Sebaiknya dipasang kontainer sampah, supaya sampah tak menyebar seperti ini,” tandas dia. (MAL)