Demi Harga Diri Garuda

FOTO : Simon McMenemy memimpin doa bersama skuad Garuda jelang laga persahabatan menghadapi Vanuatu, foto pssi.org/palpos.id

JAKARTA,PALPOS.ID  – Timnas Indonesia akan beruji coba melawan Vanuatu di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, 15 Juni. Ada harga diri Garuda yang dipertaruhkan.

Walaupun pertandingan ini tidak masuk kalender resmi FIFA, namun anak asuh Simon McMenemy mesti tampil maksimal demi harga diri Garuda di dada.

Karena, pada laga sebelumnya, Rizky Pellu dan kawan-kawan mendapat sorotan tajam usai kalah telak dari timnas Yordania dengan skor 1-4 di Stadion King Abdullah II pada awal pekan lalu.

Secara peringkat Indonesia berada di atas Vanuatu. Andik Vermansyah dkk berada di peringkat ke-159 dengan 1008 poin. Sementara Vanuatu peringkat ke-166 dengan 991 poin. Hanya tujuh peringkat di atas Vanuatu jadi landasan kekuatan kedua kesebelasan tidak jauh berbeda.

Meski demikian, Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, optimis memenangkan laga. “Kami harus tetap menjaga fokus sebaik mungkin. Dibanding Yordania, tentu kekuatan Vanuatu berbeda. Akan tetapi, kami tetap tidak boleh lengah,” ucap Simon.

Ya, lawan yang berasal dari Samudra Pasifik bagian Selatan ini pernah membantai lawannya, Timnas Mikronesia U-23 46 gol tanpa balas pada 2015 silam.

“Terpenting, kami harus memainkan yang terbaik sesuai rencana. Ini juga persiapan terakhir sebelum memasuki kompetisi resmi,” jelas pelatih berpapsor Inggris itu.

Kubu tamu, Pelatih Timnas Vanuatu, Paul Munser, yang baru resmi melatih Februari silam siap memberikan perlawanan.

Berbekal tiga laga bersama timnas Vanuatu, Munser meraih satu kemenangan, satu imbang, dan satu kalah. Munser yakin timnya bisa menyulitkan tim Indonesia.

“Kami lihat Indonesia kalah di Yordania. Pasti mereka akan berbenah. Di sini tentu juga berbeda,” paparnya.

Pada uji coba terakhir, Vanuatu sukses menahan imbang Fiji. Tim yang pernah menahan Indonesia dengan skor kaca mata saat laga uji coba internasional, Sabtu, 2 September 2017 lalu.

Pasukan Garuda tampil tanpa Stefano Lilipaly, Ramdani Lestaluhu yang cedera lutut. Termasuk Rezky Pellu yang kembali ke klub, karena dibutuhkan PSM. Sementara Vanuatu datang dengan komposisi terbaiknya.  (fan/tam/ian)

Prakiraan Pemain

Indonesia (4-5-1)

Awan Setho; Ruben Sanadi, Hansamu Yama, Yanto Basna, Yustinus Pae; Febri Hariyadi, Zulfiandi, Evan Dimas, Rizky Pellu, Andik Vermansah; Alberto Goncalves

Pelatih : Simon McMenemy

Vanuatu (4-3-3)

Chikau Mansale; Brian Kaltack, Jason Thomas, Joseph Iaruel, Gordshem Dona; Bang Kalo, Daniel Natou, Jogn Alick; Kensi Tangis, Azariah Soromon, Tony Kaltack

Pelatih : Paul Munser