Gunakan Kosmetik yang Alami

Kosmetik

PALPOS.ID – Ibu hamil sudah seharusnya selektif dalam menggunakan kosmetik agar tak berlebihan. Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi, Dr Nur Khairi MSi Apt mengatakan, pada sabun cuci muka bisa menggunakan bahan yang alami seperti sabun dari bahan VCO atau zaitun.

Jika ingin menggunakan bahan dengan kandungan SLS, perhatikan bahannya yang memang telah teregistrasi BPOM. Pada sabun cuci piring misalnya, pilih yang menggunakan pelembap sehingga tidak menyebabkan kulit iritasi,

Hindari kosmetik yang mengandung bahan logam seperti merkuri dan hidrokuinon, karena bahan ini yang bisa langsung mengganggu kesehatan janin.

“Kalau menggunakan bahan alami bahannya lebih ringan. Untuk ibu hamil tidak akan bermasalah,” ujarnya.

Spesialis Kandungan, Rumah Sakit Ibnu Sina, dr M Hamsah SpOG MKes menambahkan, penggunaan kosmetik secara berlebihan tidak dianjurkan. Bila ingin menggunakan kosmetik baiknya konsultasi dahulu ke dokter spesialis kulit atau kandungan agar lebih aman.

“Kalau SLS kan sebenarnya hanya agar busanya banyak. Belum tentu berbusa itu bagus. Sebaiknya pilih bahan herbal alami baik itu sampo, sabun, maupun skincare,” ujarnya.

Menurutnya, ibu hamil tak perlu terlalu fokus melakukan perawatan berlebihan karena kondisi hamil memang membuat beberapa perubahan di kulit yakni hiperpigmentasi. (ind/dni/fan/fin)