Masih Miskin Finishing Touch

Laga Sriwijaya FC melawan Perserang yang berakhir 1-0 untuk kemenangan Laskar Wong Kito. foto : hatta/sumeks

SRIWIJAYA FC mengawali Liga 2 dengan kemenangan. Di Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang, skuad asuhan Kas Hartadi ini menang tipis 1-0 atas Perserang Banten.

Satu-satunya gol di laga ini tercipta di menit ke 40 melalui gol tak sengaja Yericho Cristiantoko. Meski menciptakan belasan peluang emas, duet Airlangga Sucipto dan Yongki Ariwibowo tak menghasilkan gol.

Kas Hartadi langsung menurunkan tiga pemain dengan tipikal menyerang di babak pertama. Selain Ronggo-panggilan karib Airlangga dan Yongki, ada juga Rizski Dwi yang kali ini digeser ke sayap kanan.

Airlangga yang diplot sendirian di lini depan, disokong Yongki yang bergerak di belakangnya. Duet keduanya cukup merepotkan lini serang Perserang. Seperti di menit 17 Airlangga berpeluang mencetak gol.

Mendapat umpan silang matang Yongki, Airlangga tinggal berhadapan Galih Firmansyah. Hanya saja, sepakan mantan stiriker Persib Bandung ini masih mengenai Galih. Bola gagal bersarang.

Tim Laskar Wong Kito tak mengendurkan serangan. Menit ke 35 duet Ronggo dan Yongki benar-benar merepotkan tim tamu. Yongki yang menerima umpan terobosan langsung menyodorkan bola ke Airlangga. Hanya sayang, bola melenceng ke kiri gawang Galih Firmansyah.

Perserang memiliki satu kesempatan untuk mengancam Sriwijaya FC. Melalui aksi Hari Habrian. Mendapat umpan terobosan, Hari melepaskan bola yang mengenai tiang gawang Galih Sudaryono.

Publik Jakabaring sontak bergemuruh ketika  Yericho Christiantoko hendak melepaskan umpan ke arah Airlangga Sucitpto. Beruntungnya, bola lambung malah meluncur ke gawang Perserang yang gagal diantisipasi Galih Firmansyah. Skor 1-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, jual beli serangan diperagakan kedua. Perserang yang dituntut setidaknya menahan imbang tuan rumah pun ingin segera menyamakan kedudukan ataupun bisa untuk mengemas 3 poin.

Seperti di menit 57, Perserang mendapat peluang  melalui Hari Herbian. Namun sepakan pemain nomor punggung 5 itu melambung diatas mistar gawang Galih Sudaryono hingga gagal membuahkan gol.

Sriwijaya FC punya kesempatan untuk menambah gol di menit 60. Tendangan bebas yang dieksekusi Eddy Gunawan masih dengan mudah diamankan Galih Firmansyah.

Mencoba menambah daya gedor timnya, Kas Hartadi kembali melakukan pergantian pemain. Dia menarik Edy Gunawan dan memasukan Ahmad Ihwan dimenit ke 67 Namun, Sriwijaya FC harus puas dengan keunggulan 1-0 dari Perserang Banten.

Meski menang, Kas Hartadi menyebut ada evaluasi saat timnya keenakan menyerang. Dimana, pertahanan menjadi terbuka dan dimanfaatkan skuad Jaya Hartono untuk melakukan serangan balik.

“Dari awal sampai akhir sangat sulit. Gelandang kita kalah,  sayap sering kosong di babak pertama. Transisi juga jadi perhatian, pemain jadi lambat untuk bertahan usai menyerang,” ucap Kas Hartadi. (fan)