Penyuluhan Bahaya Miras Sasar Pelajar

Petugas BPBD Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Banyuasin, memberikan penyuluhan kepada pelajar, Senin (24/6). Foto: Malyadi/Palpos.id

PANGKALAN BALAI, PALPOS.ID – Guna memberikan pemahaman tentang mencegah peredaran, sekaligus penggunaan minuman keras (miras) dan narkoba. BPBD Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Banyuasin, Senin (24/6), menggelar penyuluhan pencegahan peredaran hingga penggunaan minuman keras dan narkoba.

Plt Kepala BPBD Kesbangpol Banyuasin, Adriansyah SH MSi menjelaskan, penyuluhan melibatkan 50 pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Pangkalan Balai. Sementara, narasumber yang dihadirkan berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin, Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Banyuasin dan Polres Banyuasin.

“Penyuluhan ini merupakan sebuah upaya secara sadar, terencana yang dilakukan untuk memperbaiki prilaku manusia sesuai dengan prinsip pendidikan, yakni pada tingkat sebelum seseorang menggunakan narkoba agar mampu menghindar dari penyalahgunaannya,” jelasnya.

Lanjut Adriansyah, perang terhadap kejahatan narkoba memerlukan kerjasama semua pihak. Tidak hanya Badan Narkotika Nasional (BNN) semata, melainkan berbagai elemen masyarakt dan pelajar harus turun tangan melawan kejahatan narkoba.

“Pemda Banyuasin ikut bertanggung jawab melindungi serta meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Diantaranya melalui penyuluhan seperti yang dilakukan melalui BPBD Kesbangpol ini, guna mengantisipasi penyalahgunaan narkotika di kalangan pelajar,” tegas dia didampingi Kabid Ketahanan Agama, Ekonomi dan Kemasyarakatan Drs Revian Rismar SE dan Kasubid Ketahanan Agama dan Kemasyarakatan Rusmana SAg.

Upaya pencegahan dilakukan Pemda Banyuasin, dikarenakan penyalahgunaan narkoba terbukti telah merusak masa depan anak bangsa, karakter manusia, fisik dan kesehatan masyarakat.

“Secara jangka panjang berpotensi besar mengganggu daya saing dan kemajuan bangsa. Mudah-mudahan melalui penyuluhan ini, kerusakan akibat narkoba dan miras bisa tertanggulangi. Penyuluhan ini juga merupakan bagian dari mendukung terwujudnya program Banyuasin Bangkit, menuju masyarakat Bumi Sedulang Setudung Bangkit Adil Sejahtera,” pungkas dia. (MAL)