KPU Lakukan Pencocokan Data

Tampak suasana pencocokan data di ruangan Kantor KPU Empat Lawang, Kamis (27/6). Foto: Pad/Palpos.id

EMPAT LAWANG, PALPOS.ID Menindak lanjuti keputusan Bawaslu Republik Indonesia, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang melaksanakan pembukaan kotak suara, dalam rangka pengambilan formulir model c1 Plano dan Da1 Plano. Hal ini dilakukan untuk pencocokan  sebagaimana  putusan bawaslu Republik indonesia.

“Berdasarkan surat Bawaslu RI yang baru kami terima, pencocokan ini harus dilakukan untuk bahan yang akan kita jadikan sebagai jawaban di mahkamah kontitusi (MK), dalam rangka menjelaskan fakta yang sebenarnya, yang terjadi di Kabupaten Empat Lawang,” kata Komisioner Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Hendri Daya Putra, Kamis (27/6/19).

Langkah pertama yang akan dilakukan adalah pembukaan kotak Formulir C1 Plano,  Daa1 Plano dan Da1 Plano di setiap TPS yang ada di 5 (Lima,Red) Kecamatan.  “Semua berkas ini dimasukkan ke kotak yang telah kita sediahkan. Dan hasil dari pencocokan atau penyandingan ini, tidak diputuskan untuk merubah hasil,” katanya.

Komisi pemilihan Umum ( KPU ) Empat Lawang Devisi Tekhnis, Abu Yamin mengatakan, giat hari ini untuk menindak lanjuti keputusan bawaslu Republik Indonesia, dengan melakukan pencocokan antara C1 Plano, Daa1 Plano dan Da1 Plano.

“Itu perintah dari bawaslu dan sudah kita jalankan pencocokan, atau penyandingan C1 Plano di 590 TPS di lima kecamatan. Yang kita buka kotak yang pertama di DPR-RI, kita cuma mengambil C1 Plano. Sesudah kita buka akan kita buat berita acara dan akan kami sampaikan ke Mahkamah Kontitusi (MK), untuk dijadikan sebagai bahan Jawaban. Kotak ini juga di kunci serta di segel, dan kuncinya diserahkan kepada pihak kepolisian, untuk memegangnya,” kata Abu Yamin.

Pada kesempatan yang sama Abu Yamin juga menegaskan kalau mereka bukan merekap suara, tetapi melakukan pencocokan, ditargetkan 5 hari lebih cepat lebih bagus, dan kotak ini akan jadi bukti ke MK.

Sedangkan Ketua Bawaslu Empat Lawang, Rudianto, merespon positif terhadap kegiatan pencocokan ini. “Bawaslu Empat Lawang juga telah menindak lanjuti keputusan Bawaslu RI. Kami berharap KPU Empat Lawang melakukan pencocokan data ini, dengan teliti, ikuti peraturan yang ada, dan petunjuk-petunjuk yang telah di keluarkan Bawaslu Republik Indonesia.

“Bawaslu Empat Lawang akan selalu mengawasi Proses Pencocokan sampai selesai.makanya ini keputusan dari lembaga Bawaslu Republik Indonesia,” tukasnya. (pad)