Tuan Rumah Menang Dramatis

Skuat Brasil merayakan keberhasilan mereka lolos ke semifinal Copa America usai mengalahkan Paraguay lewat drama adu tendangan penalty. Foto: FIN

Brasil 0 (4)- 0 (3) Paraguay

PORTO ALEGRE, PALPOS.ID- Tuan rumah Brasil perlu babak adu penalty untuk memastikan diri maju ke babak semifinal Copa America 2019. Brasil secara dramatis menang 4-3 setelah bermain 0-0 di waktu normal melawan Paraguay di Arena do Gremio, Porto Alegre, Jumat (28/6). Dengan hasil ini, berarti Brasil adalah yang paling juara soal adu penalti di Copa America. Brasil sudah sembilan kali memainkan adu penalti di Copa America.

Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan tim lainnya seperti melewati Uruguay dan Argentina yang masing-masing delapan kali terlibat adu penalti. Dari Sembilan adu penalty tersebut, Brasil mencatatkan lima kemenangan dan empat kekalahan. Sebelum ini, dua kekalahan adu penalty terakhir Brasil semuanya melawan Paraguay di perempat final edisi 2011 dan 2015.

Boleh jadi, sukses tahun ini adalah pembalasan Brasil atas Paraguay. Uniknya lagi, di edisi tahun ini, Brasil dan Paraguay sudah 11 kali bermainimbang di Copa America. Jumlah ini juga lebih banyak dibandingkan partai-partai lainnya. Empat pertemuan terakhir Brasil dan Paraguay di Copa America selalu berkesudahan seri. Tiga yang terakhir bahkan selalu berlanjut ke adu penalti.

Di edisi 2011 dan 2015, juga di babak perempat final, Brasil disingkirkan Paraguay lewat adu penalti. Kali ini, di babak yang sama, ganti Brasil yang mengeliminasi mereka lewat adu penalti. Dalam duel kemarin, Brasil sejatinya memiliki banyak peluang. Ini efek dari diusirnya bek sentral Paraguay Fabian Balbuena pada menit 58. Sayang, sejumlah peluang yang tercipta gagal dikonversi menjadi gol. Skor 0-0 selama 2×45 menit, pertandingan langsung berlanjut kebabak adu penalti, dan Brasilmenang 4-3.

Di babak adu penalti, Roberto Firmino yang merupakan penendang ke-4 Brasil gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Namun beruntung, eksekutor terakhir Gabriel Jesus sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Brasil tanpa kemenangan dalam empat laga Copa America terakhir melawan Paraguay sebelum ini. Mereka mencatat tiga kali seri dan sekali kalah.

Dalam dua pertemuan terakhir, yaitu 2011 dan 2015 semuanya sama-sama terjadi di babak perempat final. Dan saat itu Brasil disingkirkan Paraguay lewat adupenalti. Statistik menunjukkan, Brasil mendominasi jalannya pertandingan dengan 67 persen penguasaan bola di babak pertama. Brasiljugamencatatkan lima buahtembakan, yang tiga di antaranyatepatmengawahkegawang. Hanya sayang, peluang-peluang Roberto Firmino dan Everton Soares di menit-menit awal serta Philippe Coutinho beberapa menit sebelum jeda, semuanya dimentahkan oleh Roberto Fernandez di bawah mistar. Sementara itu, satu peluang Paraguay melalui Derlis Gonzalez juga masih bisa dinetralisir oleh Alisson. (fan/wsa/fin)