Tanpa Tersangka, Berkas Tahap 2 Komisioner KPU Palembang Tetap Dilimpahkan

Penyidik Gakkumdu Polresta Palembang, ketika menyerahkan berkas tahap 2 ke Kejari Palembang, Selasa (2/7). Foto: Mizon/Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID- Untuk kesekian kalinya 5 komisioner KPU Kota Palembang yang ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan pelanggaran Pemilu 2019, mangkir dari panggilan penyidik Satreskrim Polresta Palembang. Padahal, penyidik Sentra Gakkumdu Polresta Palembang telah di deadline sampai pukul 10.00 WIB, Selasa (2/7) oleh pihak Kejari Palembang, untuk menyerahkan berkas tahap 2, barang bukti dan kelima tersangkanya.

“Hari ini (kemarin) kita menyerahkan berkas tahap 2, barang bukti dan tersangkanya ke Kejari. Tapi sudah dua kali kita melakukan pemanggilan kepada 5 komisioner KPU (tersangka), mereka masih tidak datang dengan alasan yang sama juga, yakni sedang rapat,” kata Kasat Reskrim Polresta Palembang, Kompol Yon Edi Winara melalui penyidik Sentra Gakkumdu Polresta Palembang, Iptu Hamsal.

Meski ke 5 komisioner KPU Palembang mangkir, namun berkas tahap 2 beserta barang buktinya tetap dilimpahkan ke Kejari Palembang. “Walaupun komisioner KPU tidak hadir, berkas mereka tetap dilimpahkan ke Kejari,” ujar Hamsal, diwawancarai awak media ketika menyerahkan berkas tahap 2 ke Kejari Palembang, Selasa (2/7).

Sebelumnya, Senin (1/7), 5 komisioner KPU Palembang yang telah ditetapkan sebagai tersangka, tidak bisa hadir pada penyerahan berkas tahap 2 ke Kejari Palembang. Oleh karena itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Palembang, Asmadi memberi kesempatan sampai pukul 10.00 WIB, Selasa (2/7) kepada penyidik Gakkumdu untuk menghadirkan para tersangka tersebut.

“Jika pun para tersangkanya tidak bisa dihadirkan penyidik pada batas waktu yang ditentukan, Kejari akan tetap melakukan proses tahap 2. Karena berdasarkan Undang Undang Pemilu, pelimpahan berkas tahap 2 bisa dilakukan tanpa kehadiran tersangka,” kata Asmadi. (zon)