Muba Sempat Gelap Gulita, Ternyata Ini Dia Penyebabnya

Towe SUTET di Lumpatan Kabupaten Muba yang roboh. foto : romi rivano/palpos.id

SEKAYU, PALPOS.ID – Adanya  mati lampu hampir di beberapa kecamatan dalam Kabupaten Musi Banyuasin yang terjadi, Minggu (8/7) kemarin, sekitar pukul 17.45 WIB, disebabkan robohnya tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTET).

Manajer PLN ULP Sekayu, Melson, mengatakan ada tower SUTET  di Desa Lumpatan Kecamatan Sekayu roboh. Tower yang roboh terdapat 3 unit. Sedangkan 2 tower lainnya mengalami patah di tengah.

“Listrik mengalami padam sekitar pukul 17.45 WIB, setelah kita telusui sekitar pukul 21.00 WIB, diketahui terdapat tower yang roboh di Desa Lumpatan,”Kata Melson, Senin (8/7).

Dijelaskannya, mengenai penyebab robohnya 3 tower dan 2 tower lagi yang patah di tengah kini masih di investigasi oleh tim HAR Tragi UPT Palembang.

“Belum diketahui secara pasti penyebab robohnya saat ini tim masih melakukan pengecekan lebih lanjut,” terang Melson

Sementara ini, lanjutnya, untuk mensuplai listrik yang berada di Kabupaten Muba pihaknya melakukan suplay dari Gardu Induk (GI), sedangkan untuk kecamatan di luar Kota Sekayu masih padam.

“Kita kesabaran dan doa dari masyarakat Muba. Saat ini, kita dibantu  Tim Up 3 Palembang. Kami mohon maaf kepada seluruh pelanggan Listrik ULP Sekayu atas ketidak nyamanan padamnya listrik yang mungkin perlu waktu untuk penormalannya,” harapnya

Sementara itu, Edy (40), warga  Kecamatan  Sekayu mengungkapkan kejadian robohnya tower SUTET  sudah terjadi yang kedua kali di Kabupaten Muba. Beberapa waku yang lalu, kata dia, disebabkan oleh maling besi tower yang menyebabkan tower roboh.

“Jangan sampai terjadi lagi karena pencurian, kalau dari segi alam kami masyarakat Sekayu memaklumi. Agar kejadian serupa tidak terulang ke depannya diharapkan pihak PLN dapat melakukan pengawasan terhadap tower-tower SUTET agar tidak terjadi roboh lagi,” pungkasnya. (ROM)