Doyan Nyabu, Dua ABG Sering Bobol Rumah Orang

Tersangka WA dan AF merupakan kawanan spesialis bobol rumah yang diamankan di Polsek Kalidoni, Selasa (9/7). Foto: Deni/Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID- Dua pelaku bobol rumah  dijebloskan ke penjara. Keduanya WA (18),  warga Jalan Muara Kelinggi Tanah Rayon, RT 21/04, Kelurahan Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni, dan AF (16), warga Jalan Yayasan 1,  Lorong Albarokah, RT 16/05, Kelurahan Sei Buah, Kecamatan IT II.

Keduanya diamankan setelah terbukti membobol rumah  Agil Musadeq (48), di Jalan Dr Ir Sutami, No 22, RT 13/04, Kelurahan Sei Selayur, Kecamatan Kalidoni,  kemarin, sekitar pukul 03.00 WIB.

Saa itu, rumah korban tengah sepi ditinggal penghuninya, dengan posisi terkunci baik pintu depan atau teralis depan. Pelaku yang malam itu nongkrong melihat rumah korban sepi, lalu timbul niat buruk untuk mencuri.

Tersangka WA berjalan lewat bagian belakang rumah korban. Sedangkan AF mengawasi keadaan sekitar. Saat masuk ke dalam rumah, tersangka WA menemukan sebuah linggis.

Linggis itu digunakan untuk membobol ventilasi kamar mandi. Kemudian masuk dengan menggasak 3 buah ponsel di atas meja, dengan posisi masih di carger. Usai mengambil ponsel, kemudian pelaku kabur melalui pintu belakang.

Sementara, korban setelah pulang ke rumah  dikejutkan dengan rumahnya sudah berantakan. Keesokan harinya melaporkan kejadian dialaminya itu ke  Polsek Kalidoni.

Dari pengakuan WA, sebelum eksekusi memang lebih dulu keliling melihat situasi. “Masuk pakai linggis yang ada di belakang rumah, aku pakai untuk membobol teralis, tapi aku juga bawa obeng. Itulah dapat 3 buah ponsel,” katanya, kemarin.

Diteruskan WA, uang dari hasil pencurian itu digunakan buat main di warung internet. “Uangnya aku pakai untuk main warnet sama beli sabu, biasanya paket hemat Rp 70 ribu aku beli sama Ibin, warga Boombaru,” ujarnya.

Sedangkan WA mengaku sudah 4 kali  menyasar rumah warga. 3 kali dapat motor, yang ketiga dapat motor Yamaha Mio terus dijual Rp 1 juta.  Kedua dapat Yamaha Jupiter MX dijual Rp 800 ribu,”  ungkap resedivis kasus serupa dan ditahan di Polsek Sako tahun 2018.Sedangkan pengakuan AF, sudah 4 kali terlibat pencurian dengan rekannya WA.

“Pencurian pertama di Kebun Bunga dapat motor Yamaha Mio aku kebagian Rp 300 ribu. Terus di Sekojo Ujung itu dapat motor Yamaha Mio Soul JT kebagian uang Rp 400 ribu,” ungkapnya.

Selanjutnya melakukan pencurian   di KM 14  pada 2018 dan dapat motor Yamaha Jupiter MX, tapi  kebagian Rp 200 ribu. Terakhir di Pandawa Kalidoni  dapat motor Honda Vario.

Kapolsek Kalidoni AKP Irene SIk didampingi Kanitreskrim Ipda Heriyanto SH menegaskan kedua pelaku pencurian ini ditangkap selagi pihak Polsek Kalidoni menggelar razia

“Iya waktu kita lagi razia jalan, mereka kita hentikan. Kita stop motor tidak ada surat menyurat. Kemudian ditemukan juga ditemukan pirek atau alat hisap sabu, makanya keduanya kita amankan,” tukasnya. (den)