Dinas Pertanian Muratara Terus Berupaya Tingkatkan Hasil Pertanian

Kadis Pertanian Muratara meninjau saluran irigasi di Desa Langkap sebagai upaya peningkatan hasil pertanian. foto : alam

MURATARA, PALPOS.ID – Penyediaan air irigasi bagi tanaman padi menjadi salah satu kunci yang mendukung peningkatan produksi hasil panen bagi petani.

Untuk itu,  Dinas Pertanian, Perikanan dan Perkebunan Kabupaten Muratara terus melakukan penormalan saluran irigasi persawahan.

Sebagai bukti, Dinas Pertanian, Perikanan dan Perkebunan Muratara, Rabu (10/07), melakukan peninjauan aliran irigasi persawahan untuk normalisasi irigasi di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Karang Jaya.

Kadis Pertanian, Perikanan dan Perkebunan Muratara, Suhardiman mengatakan, aliran irigasi  ini sebagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mendongkrak peningkatan produksi hasil panen secara signifikan.

“Di mana, saat ini penyediaan sarana dan prasarana pertanian yang lebih memadai menjadi fokus dalam peningkatan produksi gabah padi. Di antaranya melalui pembangunan atau rehabilitasi jaringan irigasi, perluasan atau pencetakan sawah baru dan penyediaan alat mesin pertanian,” ujarnya.

Dilanjutkanya, Desa Bukit Langkap memiliki hamparan sawah yang luas menjadi potensi daerah dalam meningkatkan produk pangan. Namun hal ini harus terus didorong dan didukung Pemerintah Daerah dalam normalisasi aliran irigasi yang ada.

“Dengan begitu air yang ada dapat dimanfaatkan dengan penyediaan air yang didukung dengan pembangunan pintu-pintu air,” jelasnya.

Namun dirinya mengingatkan, bahwa hal itu tidak luput dari dukungan dari dinas pekerjaan umum sebagai dinas terkait dalam pembangunan insfrastruktur.

“Maka kami akan sampaikan hasil ini kedinas terkait dan kembali turun bersama kelapangan untuk meninjau ulang,” tuturmya.

Menurutnya ada beberapa titik aliran irigasi yang harus dibangun dengan normalisasi aliran irigasi dan pembangunan pintu-pintu air untuk pembagian air ke hamparan sawah masyarakat.

“Misalnya saja hamparan persawahan yang ada di kampung 6 Desa Bukit Langkap, dapat ditingkatkan debit airnya melalui aliran irigasi persawahan dari kampung 5 Desa Bukit Langkap. Dan hal ini perlunya pembangunan pintu air,”jelasnya.

Sementara itu, salah satu Kelompok Tani, Desa Bukit Langkap, Ashuriyansyah dari kampung 5 Desa Bukit Langkap, mengucapkan terimah kasih kepada Kepala Dinas Pertanian yang telah meninjau dan melihat langsung kondiai aliran irigasi yang ada di Desa Bukit Langkap.

“Karena irigasi persawahan yang ada saat ini masih irigasi desa. Jika kembali dibangun oleh pemerintah maka akan dapat membantu bagi petani dalam meningkatkan hasil tanam padi sawah,”ucapnya

Menurut ia, masyarakat akan banyak terbantu jika ada pintu-pintu air yang dibangun pemerintah untuk mengatur aliran irigasi yang ada.

“Terutama bagi masyarakat yang ada di kampung 6 desa bukit langkap,” paparnya. (LAM)