BANYUASIN, PALPOS. ID – Musibah perairan kembali terulang. Seorang penumpang speedboat Kalvin tujuan Palembang tenggelam lantaran tersangkut tali tongkang, Sabtu (13/07), sekitar pukul 21.00 WIB.

Korban diketahui bernama Raharjo (47), warga Sungai Baung Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Kepala Basarnas Palembang melalui Kasubsi Operasi Benteng, mengatakan korban tenggelam di perairan Sungai Baung. Sebelum peristiwa maut terjadi, korban menumpang speedboat Kalvin  tujuan Palembang.  Korban duduk di atas atap  speedboat.

‘’Sekitar pukul 18.30 WIB, dikarenakan cuaca yang sudah mulai gelap, serang (pengemudi) speedboat tidak melihat ada tongkang yang sedang berjalan. Alhasil, korban tersangkut tali tongkang tersebut. Akibatnya,  korban terjatuh dan tenggelam,’’ ujar Benteng.

Tenggelamnya korban langsung dilaporkan ke Pos Polair Sungai Baung dan diteruskan ke Basarnas. Mendapat laporan tersebut, Tim SAR Basarnas Palembang bersama TNI AL dan Polair langsung melakukan pencarian korban,

Pencarian juga dibantu nelayan setempat.  Tim SAR gabungan melakukan penyisiran menggunakan kapal cepat RIB (Rigit Infletable Boat) dan perahu karet sejauh 1,5 NM ke arah selatan dan 1,5 NM ke arah barat laut dimulai dari lokasi awal kejadian.

‘Hari ini, merupakan pencarian hari kedua. Namun hingga saat ini korban masih belum berhasil kami temukan,’’ pungkas Benteng. (ril/adi)