Herman Menyerahkan Diri Setelah Membunuh Kasmadi

PALI, PALPOS.ID-   Warga Dusun IV (Talang Ritam) Desa Tanding Marga Kecamatan Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) geger. Penyebabnya,  ditemukan   jasad laki-laki dengan penuh luka tusuk di sekujur tubuh, Minggu (14/07) sekitar pukul 17.00 WIB.

Korban bernama Kasmadi (35), warga setempat. Pertama kali korban ditemukan oleh Rudi, warga sekitar, sudah dalam kondisi tak  bernyawa dengan luka tusuk  di bagian leher dan tangan.

Ternyata Kasmadi tewas setelah ditikam oleh Herman (40), tetangganya sendiri.  Terungkapnya, setelah Herman menyerahkan diri ke Mapolsek Penukal Utara, Senin (15/7).

Menurut pihak kepolisian, penikaman yang menewaskan Kasmadi terjadi Minggu (14/07), sekira pukul 17.00 WIB. Sebelumnya, Jumat  (12/07), sekitar pukul 15.00 WIB, Herman sempat ribut dengan Kasmadi gara-gara mengambil ikan di sungai.

Namun, hari itu tidak terjadi perkelahian.  Minggu kemarin, saat  tersangka memarkirkan motor  hendak mandi di  sungai yang tak jauh dari desanya, korban langsung memukul Herman. Tak hanya itu, Kasmadi mengeluarkan pisau hendak menusuk Herman.

Perkelahian pun terjadi. Dalam perkelahian tersebut, Herman berhasil merebut pisau dari tangan Kasmadi. Lalu, Herman menikamkan pisau ke leher Kasmadi dan menendangnya ke sungai. Korban mengalami luka  bagian leher sebelah kiri, tangan  kiri, bahu  kiri, pinggang  kiri dan di bawah ketiak  kiri.

Korban ditemukan oleh dua warga yang hendak mandi ke sungai. Lalu, korban dibawa  ke Puskesmas setempat. Namun nyawa korban tak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia. Pihak keluarga tidak bersedia untuk dilakukan visum dan otopsi terhadap jasad Kasmadi.

Menurut Kepala Desa (Kades), A Rivai, korban  sudah dikebumikan. “Isu itu dari keterangan warga melalui  masalah pencurian,  tetapi untuk pastinya polisi yang menyelidiki motif kasus tersebut,” ujarnya.

Kapoksek Penukal Utata,  Iptu Roni Hermawan, membenarkan pelaku sudah menyerahkan diri.

“Pelaku sudah menyerahkan diri dan sudah dibawa ke Mapolres Muara Enim. Untuk motif masih kita selidiki dan korban sudah dimakamkan pihak keluarganya,” katanya.

Barang bukti yang diamankan berupa   sepeda motor  Honda Revo Pit warna hitam tanpa plat nomor polisi yang berada di TKP dan diketahui  milik tersangka.  Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pelaku  dilimpahkan ke Mapolres Muara Enim. (fry)