Tabrakan Beruntun, Sopir Truk Terjepit

Kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun di jalintim Palembang-Pangkalan Balai, Senin (15/7).

BANYUASIN, PALPOS.ID– Kemacetan panjang di ruas Jalintim Palembang-Pangkalan Balai tak dapat terelakkan, kemarin. Penyebabnya dikarenakan terjadi kecelakaan lalulintas (lakalantas) berupa tabrakan beruntuk yang melibatkan lima mobil.

Peristiwa persis di Km 18 Sukomoro Kecamatan Talang Kelapa,  sekitar pukul 11.30 WIB. Akibatnya, arus kendaraan dari dua arah mengular hingga 10 Km  selama beberapa jam.

Tabrakan beruntun tersebut terjadi saat truk  tronton Mitsubishi nopol BG 8865 MC yang dikemudikan Budi Santoso berpenumpang Ilham dan Suherman melaju dari arah Jambi menuju Palembang. Di TKP, tronton tiba-tiba hilang kendali, diduga mengalami rem blong.

Akibatnya, tronton menabrak bagian samping mobil Wuling Confero nopol BG 1984 JJ yang dikemudikan Aji Pangestu. Tak sampai di situ, Wuling Conferno menabrak  truk Canter nopol BG 8226 EH yang dikemudikan Jumari, lalu truk  menabrak  bagian belakang   mobil Fortuner nopol BG 1137 BL yang dikendarai Jefri Kurniawan.

Mobil Toyota Fortuner terdorong kuat dan menabrak  dumptruk yang belum diketahui identitasnya. Atas kejadian itu, penumpang  tronton  Mitsubishi nopol BK 8865 MC, Ilham mengalami luka robek di lutut kiri, pengemudi truk Canter nopol BG 8226 EH mengalami luka robek di tulang betis sebelah kiri dan patah paha  kiri.

“Semua kendaraan telah diamankan di Pospol Musi Pait,  dan korban luka dibawa ke rumah sakit,” ujar Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi SM Pinem SIk melalui anggota Lantas Bripka Mardiansyah.

Kata dia, dugaan sementara penyebab kecelakaan akibat rem truk tronton tak berfungsi (blong).

Tabrakan beruntun juga terjadi di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Km 40 Desa Tanjung Agung Kecamatan Banyuasin III,  kemarin. Kecelakaan melibatkan truk Hino nopol BG 8024 AO,  Avanza nopolBG 1076 BI dan fuso nopol BM 9279 QU.

Tidak ada korban jiwa. Namun kecelakaan ini tampak mengerikan karena Avanza ringsek terjepit. Kecelakaan beruntun persisnya di jalan turunan di RM Pincuran Gadang Desa Tanjung Agung Kecamatan Banyuasin III.

Menurut saksi mata, kecelakaan bermula dari Fuso BM 9279 QU menabrak Avanza BG 1076 BI, sehingga Avanza yang berada di depannya terpental dan menabrak truk Hino BG 8024 AQ. Lalu truk Hino juga menabrak mobil di depannya.

Sopir Avanza dan dua orang penumpangnya selamat dari maut. Truk Hino tadi, menabrak kendaraan fuso yang berada di depannya, sehingga bagian depan truk Hino ringsek. Sopir dan kernetnya juga selamat dari maut tersebut.

Sopir truk fuso BM 9279 QU melarikan diri, setelah menabrak mobil Avanza yang ringsek bagian depan dan belakang tadi.

“Posisi mobil saya sudah berhenti di belakang truk dan tiba-tiba fuso menabrak belakang dan mobil terpental ke depan sehingga bagian depan mobil terdorong dan menghantam truk,” kata Sodikin, sopir Avanza yang membawa 2 penumpang dari Keluang tujuan Rumah Sakit Palembang rencana akan membesuk keluarga sakit.

Setelah beberapa jam mengalami kemacetan, polisi berseragam lalulintas dari Polres Banyuasin, memberikan tanda titik kecelakaan dengan cat semprot warna putih. Lalu, mobil truk hino dan Avanza ditarik ke arah halaman kosong warung warga.

Kemacetan, terurai pasca ketiga kendaraan dievakuasi ke pinggir jalan. Sementara kendaraan yang menyebab kecelakaan beruntun yang berada di depan truk Hino, berhasil melarikan kabur.

Kasat Lantas Polres Banyuasin AKP Sukiman melalui KBO Lantas Ipda Damijan membenarkan kejadian kecelakaan beruntun tersebut. “Ya benar anggota sudah melakukan evakuasi dan menyelidiki penyebab kecelakaan,” singkat dia. (ron/hb)