Empat Ruangan SMPN 26 Ludes Terbakar

Kondisi empat ruangan di SMPN 26 yang ludes terbakar, Rabu (24/7) malam. Foto: deni/Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID– Api berkobar hebat di SMP Negeri 26 Palembang yang berlokasi di Jalan H Sanusi Lorong Mekar Sari Kelurahan Lebong Siarang Palembang, Rabu (24/07), sekitar pukul 23.00 WIB.

Jilatan si jago merah meludeskan 4  ruangan di sekolah tersebut.  Ruangan yang terbakar merupakan ruang UKS, 2 ruang kelas dan 1 ruang penyimpanan buku-buku.

Kebakaran tengah malam itu diduga terjadi akibat korsleting listrik dari ruang UKS. Api menyulut dengan cepat kedua ruang kelas dan membakar atap asbes sekolah hingga tinggal puing.

Keesokan paginya, siswa kelas VIII/3 yang ruang belajarnya terbakar terpaksa pindah ke ruang kelas lain yang tidak terbakar. Begitu juga dengan siswa/siswi SMP terbuka, mereka terpaksa pindah belajar ke ruang lain.

Pantauan di lokasi kebakaran, terlihat buku-buku belajar dan alat kesehatan berserakan dan tinggal arang. Selain itu, di 4 ruang sekolah yang terbakar tersebut juga telah terpasang garis polisi.

“Saya tau kalau sekolah terbakar, baru pagi ini ketika mau masuk sekolah. Katanya kejadiannya tadi malam. Untung tidak semua ruangan sekolah terbakar, hanya ada empat ruangan saya yang ludes,” kata Paulina, guru prakarya dan pembina UKS, Kamis (25/7).

Sementara, Kepala SMPN 26 Palembang, Misno Subroto mengatakan, musibah kebakaran itu berasal dari ruang UKS karena arus pendek listrik.

“Ini ada dua kelas dengan jumlah siswa masing-masing 32. Akibat kejadian ini, kita mengalami kerugian sekitar Rp 300 juta. Insya Allah, dalam waktu dekat ini akan diperbaiki,” ungkapnya.

Misno juga menegaskan, kejadian ini menjadi pelajaran bagi pihaknya ke depan nanti. “Ini jadi peringatan untuk kita lebih mawas, apalagi waktu kejadian malam tidak ada orang, cuma ada penjaga yang tau dan langsung mengabari pemadam kebakaran dan warga,” ujarnya. (den)