Penetapan Caleg DPRD Palembang Diambil Alih KPU Sumsel

Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana didampingi Komisioner KPU Bidang Hukum, Hepriyadi. Foto: istimewa

PALEMBANG, PALPOS.ID Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) akan menetapkan anggota DPRD Provinsi Sumsel periode 2019-2024 dan DPRD Kota Palembang, setelah sidang Permohonan Perselisihan Hasil Pemilu (PHPU) di Mahkamah Konstitusi yang akan diputuskan pada 9 Agustus 2019 mendatang.

“KPU provinsi mengambil alih mengumumkan kepada publik. Karena seluruh komisioner KPU Palembang sedang menghadapi gugatan pidana pemilu di Pengadilan Negeri Palembang,” ujar Ketua KPU Sumsel, Kelly Mardiana, Kamis (25/7).

Kelly juga mengatakan, penetapan caleg terpilih baru akan dilakukan setelah MK mengeluarkan putusan terkait gugatan PHPU yang diajukan kandaidat maupun parpol.

“Apapun keputusan MK nanti terhadap gugatan yang diajukan oleh parpol maupun caleg, menjadi keputusan yang mengikat dan final karena tidak ada lagi lembaga selain MK menyelesaikan persoalan pemilu,” tegas Kelly.

Lebih jauh Kelly menambahkan, bila melihat jadwal yang ada, MK akan membacakan putusan akhir terhadap gugatan yang diajukan caleg maupun parpol pada 6-9 Agustus nanti.

ā€œKemudian kami akan menetapkan anggota DPRD terpilih, baik di provinsi maupun kota,” katanya .

Namun lanjut Kelly, pihaknya tidak mengetahui secara pasti kapan waktu untuk wilayah Sumsel.

“Kita tunggu saja nanti, tentu banyak pertimbangan dari MK terkait wilayah mana yang pertama maupun terakhir,” pungkasnya. (opa/ril)