Hanya Tersisa Satu Angkatan, AKN Lahat Terancam Tutup

Tampak bangunan AKN Lahat yang mulai terbengkalai. Foto: Arif/Palpos.id

LAHAT, PALPOS.ID- Sempat menjadi kebanggaan mantan Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Riva’I, Akademi Komunitas Negeri (AKN) Lahat terancam tutup. Pasalnya, sudah beberapa tahun terakhir, AKN Lahat tidak menerima mahasiswa baru lagi. Saat ini AKN Lahat hanya menyisakan satu angkatan yang masih menjalani perkuliahan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lahat, Drs Sutoko, membantah AKN Lahat bakal tutup. “AKN tidak ditutup dan bukan juga gagal,” cetus Sutoko kepada wartawan, Selasa (30/7).

Kadisdikbud berdalih, kondisi itu terjadi lantaran saat ini Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti) masih mengkaji, apakah AKN ini akan menjadi Program Studi Di luar Kampus Utama (PSDKU). “Saat ini kita masih menunggu, sebab AKN ini masih dikaji oleh Dikti,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sutoko menuturkan bahwa bukan AKN Lahat saja yang mengalami hal seperti ini. Kebijakan Dikti tersebut berlaku secara nasional.

“Karena dianggap terlalu lama untuk jadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Kita berikan jalur PSDKU, maka saat ini sedang proses sehingga kalau dikabulkan oleh Dikti kita akan membuka banyak studi. Nanti dirintis oleh perguruan tinggi negeri akreditasi A,” bebernya. (ari)