Syarif Hidayat Apresiasi Gerakan Nasional Buku

Bupati Muratara, Syarif Hidayat memberikan bingkisan kepada anak yang hadir di acara Gerakan Nasional Baku, Rabu (31/07). Foto: alam/Palpos.id

MURATARA, PALPOS.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara melalui Dinas Pendidikan (Disdik) menyelenggarakan gerakan Nasional Baca Buku (Baku) dengan mengusung tema “Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku, Anak Cerdas, Ceria, Berwawasan, Mandiri dan Disiplin”, Rabu (31/07).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di lapangan Kantor Bupati yang dihadiri oleh Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat, Bunda PAUD Lia Mustika Syarif, Kepala OPD, Camat dan ratusan anak Paud yang didampingi orang tua.

HM Syarif Hidayat sangat mengepresiasi kegiatan Gerakan Nasional Baku ini, sebab dirinya menilai bahwa dengan membaca buku bisa menambah wawasan dan buku merupakan jendela dunia.

“Anak itu bisa bagus salah satunya adalah faktor dari didikan orang tua dan orang tua harus menjadi guru anak dirumah dalam mendidik anak untuk gemar membaca buku,” ucapnya.

Selama ini, lanjutnya anak yang putus sekolah karena jarak sekolah begitu jauh dari tempat tinggal, sebab ada yang tinggal dikebun sehingga pendidikan anak dikorbankan.

“Jadi kedepannya, saya tidak mau lagi ada anak Muratara yang putus sekolah dengan alasan jarak tempat tinggal dengan sekolah, dan orang tua harus memikirkan pendidikan anak, sebab pendidikan itu sangat penting,”jelasnya.

Ditambahkannya, orang tua tidak boleh melakukan kekerasan terhadap anak, dengan memberikan hukuman secara berlebihan. Apalagi sekarang sudah marak kasus seksual terhadap anak dan ini harus dijauhi.

“Untuk memberikan perlindungan terhadap anak baik itu kekerasan seksual dan juga narkoba adalah tanggungjawab bersama,” katanya.

Sementara itu, Kadisdik Sukamto melalui Kabid Paud Yuli Andriyani mengatakan, kegiatan ini guna memberikan motivasi kepada orang tua untuk membimbing anaknya supaya gemar membaca buku.

“Tugas orang tua di rumah agar bisa menjadi guru kedua anak, supaya anak gemar membaca. Kemudian kita juga memberikan buku kepada setiap anak untuk bahan bacaan di rumah baik itu buku cerita maupun buku ilmu pengetahuan,” ucapnya.(rat)