Prabumulih Bakal Gelar Pilkades Serentak

Ridho Yahya, Walikota Prabumulih. Foto: istimewa

PRABUMULIH, PALPOS.ID Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM mengatakan, pihaknya bakal menggelar pemilihan kepala desa serentak. Pasalnya, dalam waktu dekat ada tiga desa yakni Desa Pangkul dan Desa Muara Sungai keduanya berada dalam wilayah Kecamatan Cambai dan Desa Karya Mulia Kecamatan Rambang Kapak Tengah, yang nasa jabatan kepala desa (kades) nya berakhir.

“Ada tiga Desa akan dilakukan Pilkades, rencananya akan kita lakukan secara serentak, kalau bisa September,” ujar Ridho kepada wartawan, kemarin (02/08/2019). Namun rencana pelaksanaan pemilihan kades serentak itu, kata Ridho terganjal peraturan daerah yang belum disahkan oleh DPRD Prabumulih. “Kita minta juga kepada Dewan supaya dipercepat,” sebutnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Prabumulih, A Fauzan Akmal didampingi Kabid Pemerintahan Desa DPMD Prabumulih, Fakthan Mubina menuturkan, pihaknya sudah membentuk tim 7 terdiri dari tokoh pemuda, tokoh agama, masyarakat dan perangkat desa di desa yang akan melangsungkan Pilkades. “Sejauh ini tahapannya masih persiapan,” kata Fauzan.

Lebih lanjut, Fakthan Mubina menambahkan, nantinya Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang sudah dibentuk memiliki sejumlah tanggung jawab dan tugas yang harus dikerjakan. Salah satu tugas yang akan dilakukan dalam waktu dekat yakni mendata mata pilih yang ada di masing-masing desa.

“Panitia memiliki waktu selama 20 hari maksimal 22 hari, untuk menetapkan daftar mata pilih. Pendataan mata pilih dimulai sejak 10 Agustus – 31 Agustus mendatang,” ungkapnya sembari mengatakan ada 5 tahapan, mulai dari pendataan sebagai mata pilih sementara, kemudian pengumuman daftar pilih sementara, perbaikan itu selama 3 hari dan penyusunan daftar pemilih tetap.

Masih kata Fakthan, dari tiga desa yang akan melangsungkan Pilkades tersebut satu desa sudah dijabat oleh Penjabat Sementara (Pjs). “Yakni desa pangkul, karena kadesnya sudah lama berkahir, sementara Karya Mulia dan Muara Sungai itu Desember berakhir masa jabatannya,” pungkasnya. (wan)