Perbaikan IPA PAM Butuh Waktu Dua Bulan

Petugas melakukan perbaikan pada jaringan Istalasi Pengolahan Air (IPA), yang rusak tertimbun longsor yang terjadi beberapa waktu lalu. Foto: evhan/Palpos.ID

PAGARALAM, PALPOS.ID – Upaya perbaikan jaringan pipa transmisi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Dempo Tengah dibutuhkan waktu tak singkat.

“Kita perkirakan perbaikan jaringan pipa yang rusak ini membutuhkan waktu dua bulanan. Itupun jika cuaca di lapangan bersahabat,” ungkap Kepala UPTD PAM Kota Pagaralam, Haryanto, belum lama ini.

Contohnya jika di hulu sungai hujan, tidak menutup kemungkinan tingginya debit aliran sungai. Kondisi ini tidak hanya proses penyambungan pipa yang dilakukan petugas, juga demi keselamatan. Kerusakan jaringan pipa ini ditemui di 12 titik. Dengan kondisi medan yang sulit untuk dijangkau.

Demikian juga untuk dilakukan pengangkutan puluhan pipa ke lokasi perbaikan. “Sedikitnya 546 meter pipa transmisi IPA Dempo Tengah rusak akibat tertimbun longsor. Kondisi perbaikan mulai dilakukan,” lanjut Haryanto.

Bagaimana dengan nasib pelanggan? Haryanto sebelumnya menyebutkan, pihaknya hanya bisa menyampaikan kepada para pelanggan untuk bersabar. Karena kondisi kerusakan ini diluar teknis. Dengan kata lain, oleh faktor alam. “Pelanggan air PAM yang disuplai dari bak pengolahan IPA Dempo Tengah ini mencapai sekitar 500 pelanggan, tersebar di sejumlah kelurahan yang ada di Kecamatan Dempo Tengah,” paparnya.

“Kita upayakan secepatnya perbaikan kerusakan jaringan pipa transmisi rampung, dan pendistribusian air bersih ke rumah rumah pelanggan bisa berjalan normal seperti biasanya,” pungkas dia. (faj)