Enam Ibu Kota Negara Pernah Alami Pemadaman Listrik

Plt. Direktur utama PLN Sripeni Inten Cahyani menjelaskan terkait pemadaman aliran listrik di ibukota Jakarta, Senin (5/8).

JAKARTA, PALPOS.ID – Pemadaman listrik massal yang terjadi di Jabodetabek serta sebagian wilayah Jawa Barat, pada Minggu (4/8), mempengaruhi aktivitas jutaan masyarakat yang terkena imbasnya.

Banyak kerugian yang diakibatkan terputusnya aliran listrik dalam kejadian ini, baik kerugian yang dialami masyarakat juga kerugian besar yang dialami pihak PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Namun tidak hanya Jakarta sebagai ibu kota negara yang pernah mengalami pemadaman listrik massal. Sejumlah kota besar di berbagai negara di dunia juga pernah mengalaminya

Berikut enam kota besar di berbagai negara yang pernah mengalami pemadaman listrik berskala besar:

  1. Caracas, Venezuela

Negara yang tengah dilanda krisis ini sempat mengalami beberapa kali pemadaman listrik massal yang terjadi hampir di seluruh penjuru negeri.

Pada 22 Juli 2019 lalu, pemadaman listrik besar-besaran dilaporkan terjadi di 16 dari 23 negara bagian di Venezuela, termasuk ibu kota Caracas.

  1. New York, AS

Tak hanya di negara Venezuela yang tengah dilanda krisis, pemadaman listrik massal juga bisa dialami di salah satu kota paling besar di dunia, New York, Amerika Serikat.

Pemadaman listrik berlangsung selama beberapa jam dan melanda wilayah Manhattan dan Upper West Side (UWS), dengan sekitar 16.000 pelanggan terdampak, menurut laporan perusahaan energi Con Edison.

  1. Seoul, Korea Selatan

Pemadaman listrik massal terjadi di ibu kota Korea Selatan, Seoul, dan daerah sekitarnya, pada Kamis, 15 September 2011.

Sebanyak 1,62 juta rumah tangga dilaporkan terdampak putusnya aliran listrik secara besar-besaran.

Gangguan pasokan listrik itu memicu terjadinya sejumlah kecelakaan karena lampu lalu lintas yang tidak berfungsi, membuat orang-orang terjebak di dalam lift, serta mengancam keselamatan pasien di rumah sakit.

Pemadaman listrik dalam skala yang belum pernah terjadi sebelumnya di Korsel itu disebabkan oleh kegagalan perusahaan listrik negara, Korea Electric Power Corp (KEPCO), dalam mempersiapkan lonjakan penggunaan listrik akibat gelombang panas yang melanda negara itu.

  1. Singapura

Kota besar lainnya yang sempat dilanda pemadaman listrik massal adalah Singapura, tepatnya pada 18 September 2018. Pemadaman listrik yang terjadi pada pukul 01.18 dini hari itu berdampak pada 146.797 pelanggan.

Pemadaman itu melanda wilayah mulai dari Boon Lay, Choa Chu Kang, Clementi, Jurong, Pandan Loop, Aljunied, Geylang, Tanjong Rhu, Mountbatten, Kembangan, Bedok, East Coast, Ang Mo Kio, Bishan, Thomson, Mandai, Admiralty, Sembawang dan Woodlands.

  1. London, Inggris

Pemadaman lisrik berskala luas terjadi pada 28 Agustus 2003 di beberapa wilayah London dan Kent, Inggris, menyebabkan ratusan ribu penumpang kereta bawah tanah dilaporkan terjebak.

Pemadaman listrik yang melanda wilayah Inggris tenggara itu berdampak pada sekitar 500.000 orang dan disebut yang terparah sejak pemadaman yang disebabkan Badai Besar pada 1987.

  1. Moskwa, Rusia

Ibu kota Rusia tersebut mengalami pernah pemadaman listrik pada 25 Mei 2005. Pemadaman disebabkan oleh ledakan gardu listrik di Chagino. Beberapa wilayah yang terdampak adalah Kota Moskow, Tula, Kaluga, dan Ryazan.

Akibatnya, jaringan transportasi Moskow ditutup. Sekitar 20.000 orang terdampar di terowongan yang bersuhu udara panas. Tak hanya itu, bursa saham juga sempat ditutup selama dua jam. (der/fin)