Indonesia Mengamuk di Laga Perdana Piala AFF U-18

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia U-15 berhasil menang telak 4-0 atas Filipina U-15 pada laga keempat babak penyisihan Grup A Piala AFF U-15 2019.Sumber Foto: PSSI

JAKARTA, PALPOS.ID – Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia U-18 berhasil meraih kemenangan di laga perdana Piala AFF U-18 2019. Hasil itu didapat usai tim asuhan Fakhri Husaini berhasil membekuk Filipina dengan skor telak 7-1.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion, Stadion Di An, Ho Chi Minh, Vietnam, Selasa (6/8) kemarin, skuat Garuda Muda sudah unggul pada menit kedua babak pertama lewat Sutan Zico yang memanfaatkan kemelut di mulut gawang.

Usai gol, gempuran demi gempuran terus dilancarakan Indonesia. Hasilnya, pada menit ke-17, Indonesia berhasil meggandakan keunggulan menjadi 2-0 melalui sepakan keras Muhammad Fajar Fathur dari sisi kiri area penalti dan meluncur deras ke sisi kanan gawang Filipina yang dikawal Enrico Marquell.

Dua menit berselang, Indonesia kembali mencetak gol ke gawang Filipina. Kali ini, Amiruddin Bagus Kahfi yang mencatatkan namanya di papan skor usai mengirim tembakan terukur dari ujung area penalti.

Bagus lagi-lagi memaksa kiper Filipina untuk memungut bola di dalam gawangnya. Bagus yang melakukan penetrasi dari sisi kanan area penalti melakukan tembakan keras yang tak mampu dihalau Enrico pada menit ke-24.

Tak puas sampai disitu, Indonesia menutup paruh pertama dengan skor 5-0. Hal itu setelah, David Maulana mencetak gol kelima bagi Indonesia lewat sepakan keras dari luar kotak penalti menjelang babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Filipina mencoba untuk lebih agresif. Hasilnya, Filipina berhasil memperkecil kedudukan 1-5 atas Indonesia pada menit ke-66 lewat gol yang dicetak Alimar Ambong.

Tak terima gawangnya kemasukan, skuat Garuda Muda kembali meningkatkan tempo permainannya. Alhasil, Indonesia kembali membuat selisih lima gol setelah Supriadi berhasil mencetak gol keenam bagi Indonesia lewat tandukkannya di menit 79.

Di masa injury time babak kedua, Supriadi kembali mencetak gol untuk Indonesia. Kali ini gol Supriadi itu tercipta berkat umpan trobosan Sutan Zico. Skor 7-1 menutup laga tersebut.

Kemenangan itu tentu di sangat di apresiasi oleh sang pelatih, Fakhri Husaini. Menurutnya, anak asuhnya menunjukkan semangat tanpa henti di laga tersebut.

“Saya apresiasi perjuangan anak-anak di lapangan. Setelah sehari sebelumnya mereka menunjukkan gestur tak nyaman melihat kondisi lapangan. Tapi tadi mereka menunjukkan semangat bertarung tanpa henti. Terutama gol cepat tadi. Itu terjadi melalui skema permainan yang apik,” ungkap Fakhri dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan di Jakarta, Selasa (6/8) kemarin.

“Ini modal yang sangat bagus untuk kami. Main di pertandingan pertama dengan selisih gol yang banyak. Akan sangat membantu kami dalam mengarungi turnamen,” tambah Fakhri.

Meski demikian, Fakhri mengatakan tetap bakal melakukan evaluasi terhadap anak asuhnya. Terutama terkait gol semata wayang Filipina yang dinilainya karena kesalahan pemain.

“Tentu masih ada yang harus di evaluasi. Terutama satu gol ke gawang kami. Itu tidak akan terjadi kalau mereka tetap fokus dan konsentrasi di sepanjang pertandingan,” tuturnya.

Sementara itu, sang kapten Garuda Muda, David Maulana juga mengaku senang dengan kemenangan tersebut. Apalagi, ia mampu menyumbangkan gol dalam laga tersebut. Ia berharap penampilan gemilang timnya di laga ini bisa terus terjaga hingga meraih juara.

“Alhamdulillah saya bisa cetak gol, itu naluri saja. Sebab saya melihat ruang kosong, dan itu saya manfaatkan. Pertandingan yang bagus. Ini menjadi modal kami,” ujar David.

“Saya harap kami bisa terus bermain bagus. Tentu itu juga harapan teman-teman. Kami ingin menikmati setiap pertandingan dan meraih juara,” sambungnya.

Di laga kedua babak penysisihan Grup A Piala AFF U-18 2019, Indonesia bakal berhadapan dengan Timor Leste. Pertandingan itu digelar di Stadion Binh Duong, Vietnam, Kamis (8/8) mendatang, pukul 18.30 WIB. (gie/fin/wsa)

SUSUNAN PEMAIN:

Indonesia U-18 (5-3-2): Ernando Ario; Amiruddin Bagas Kaffa, Muhammad Fajar Fathur Rachman, Muhammad Salman Alfarid, Alfreanda Dewangga Santosa; Rizky Ridho Ramadhani; Brylian Negiehta Aldama, David Maulana, Beckham Putra Nugraha (tengah); Amiruddin Bagus Kahfi, Sutan Zico

Pelatih: Fakhri Husaini

Filipina U-18 (4-5-1): Enrico Marquell Alanon Mangaoang; Alimar Job Salmentar Ambong, Jethro Adrien Chabon Borlongan, Samuel Reuben Wilhelm Tatoy Chavez, Eidwin Greg de Torres Escosora; Jacob Francis Marlona Maniti, Raphael Luigi Lucas, Jaime Domingo Rosquillo, Nicolai Art San Jose, Luis Funcion Clauor; Carlo Guanzon

Pelatih: Christopher Edim Pedimonte