Kurangi Sampah Plastik, Dinkes Kampanyekan Gerakan BBM ke Masyarakat

Dinas Kesehatan Muratara melakukan sosialisasi di salah satu sekolah, Senin (12/08/2019). Foto: alam/Palpos.ID

MURATARA, PALPOS.ID – Menindaklanjuti edaran Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), HM Syarif Hidayat tentang imbauan bagi aparatur sipil Negara (ASN) dan tenaga kerja sukarela (TKS) agar membawa botol minuman (BBM) sendiri ke tempat kerja, Dinas Kesehatan (Dinkes) gencar melakukan sosialisasi.

Dinas Kesehatan Muratara gencar mengkampanyekan gerakan membawa air minum dari rumah kepada seluruh masyarakat. Hal itu diungkapkan, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Muratara, Marlinda Sari.

Dijelaskannya, gerakan membawa botol air minum dari rumah tersebut merupakan salah satu langkah untuk mengurangi sampah plastik yang merupakan tanggung jawab dari semua elemen masyarakat tanpa terkecuali.  “Sekolahan merupakan salah satu Stake Holder Pemerintah dalam rangka mengurangi limbah sampah plastik, jadi sosialisi gerakan BBM harus dilaksanakan,” ujarnya, kemarin (12/08/2019).

Menurut Marlinda, jika limbah plastik tidak dikendalikan dari sekarang nantinya bukan hanya akan mengganggu lingkungan, tetapi juga kesehatan. Karena bahan plastik sulit diurai oleh alam, jika dibakar bahan plastik bisa menimbulkan residu yang berdampak pada kesehatan. “Residunya bersifat karsinogenik, yang memicu terjadinya kanker,” ungkapnya.

Masih kata kadinkes, program BBM merupakan langkah tepat untuk mengurangi sampah plastik, oleh karena itu pihaknya akan secara bertahap mengampanyekan Program BBM disetiap kegiatan. “Kita mulai dari OPD (organisasi perangkat daerah) lanjut ke lingkungan sekolah, setelah itu akan merambah ke Puskesmas dan Posyandu Desa selanjutnya kearea masyarakat,” jelasnya.

Dilanjutkannya, dalam mengampanyekan program BBM pihaknya bekerja sama dengan tim penggerak PKK dan Stake Holder lainnya. “Kita mulai dari yang hal yang kecil dulu, seperti meniadakan sampah botol plastik. Lalu, berlanjut ke plastik belanjaan. Ganti dengan membawa tas dari bahan kain,” tuturnya. (rat)