Pensiunan PNS Muba Diciduk Kasus Bakar Lahan

SEKAYU, PALPOS.ID – Unit Pidana Khusus (Pidsus) Satreskrim Polres Muba membekuk pensiunan PNS di Kabupaten Muba terkait  pembakaran lahan, kebun dan lahan (karhutbunlah), Kamis (25/07/2019) yang lalu.

Adalah Yar (61), warga Jalan Laut Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu Kabupaten Muba, pensiunan PNS dimaksud. Darinya disita barang bukti dua karet ban dalam mobil, kawat sisa ban luar mobil yang terbakar berbentuk gulungan, dua puntung bekas bakar, sisa abu ban yang terbakar, dan sepasang sepatu merek FANS warna putih biru yang masih terdapat sisa abu bakaran.

Kapolres Musi Banyuasin AKBP Andes Purwanti SE MM, melalui Kasatreskrim AKP Delli Haris SH MH, didampingi Kanit Pidsus Iptu Rusli SH MH, membenarkan penahanan terhadap  tersangka.

“Sudah kita tahan beserta barang buktinya, dan kita proses hukum dengan pasal 187 ayat (1) jo pasal 188 KUHPidana,” ungkap Rusli.

Lanjutnya, Kamis (25/07/2019) siang, pukul 13.00 WIB, pihaknya mendapat informasi terjadi kebakaran lahan di Jalan Sekayu-Pendopo Kelurahan Soak Baru. Dengan cepat Unit Pidsus mengecek kebenaran tersebut, dan melakukan olah TKP.

“Dari hasil penyelidikan dan interograsi pada pelaku, serta para saksi dan bukti-bukti yang ada di atas tanah atau lahan seluas 5 hektare milik pelaku. Senin (12/08/2019), kita langsung mengamankan pelaku pembakaran lahan untuk diproses lebih lanjut,” pungkasnya. (rom)