Belum Kapok Mencuri, Residivis Dipelor

LAHAT, PALPOS.ID – Meski baru bebas dari penjara pada 2018 lalu, namun tak membuat kapok Edi alias Edi Dor (46), warga Desa Air Laga, Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam. Residivis kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ini, kembali beraksi dengan mencuri motor milik Hendri Sastra Wijaya (39), yang terparkir di depan rumahnya di Desa Kota Agung, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat, Senin (29/07), sekitar pukul 01.48 WIB.

Akibat perbuatannya itu, Edi Dor, diringkus anggota Satreskrim Polres Lahat di rumahnya, Rabu (14/08), sekitar pukul 10.00 WIB, dan kembali merasakan dinginnya ubin penjara. Lantaran hendak melarikan diri, polisi terpaksa melumpuhkan kaki kanan Edi Dor dengan sebutir timah panas.

Tersangka Edi Dor, menggasak motor Yamaha Free Go milik Hendri Sastra Wijaya yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), ketika seisi rumah korban sedang tertidur. Ketika korban terbangun, sekitar pukul 05.48 WIB, baru mengetahui motornya telah hilang. Kemudian melaporkan kejadiannya ke Polres Lahat.

Setelah dilakukan penyelidikan, pelakunya mengarah kepada Edi Dor. Kemudian dilakukan penggerebekan di rumahnya, tapi tersangka berupaya kabur dan terpaksa diberikan tindakan tegas dan terukur.

Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIK, melalui Kasat Reskrim, AKP Satria Dwi Dharma, membenarkan penangkapan terhadap residivis curanmor tersebut. Dari pengakuan tersangka, dia beraksi melibatkan Miliansyah (45), warga Desa Kapitan, Kecamatan Sukamerindu, Kabupaten Lahat.

“Saat mencuri motor korban, Edi Dor bersama seorang rekannya yang masih dalam pengejaran anggota. Saat dalam perjalanan, motor hasil curian itu kehabisan bensin. Lalu Edi menghubungi Miliansyah, untuk membawa motor tersebut menggunakan mobil pickup,” jelasnya, Kamis (15/08).

Akibat “nyanyian” Edi Dor,  temannya Miliansyah turut ditangkap saat berada di kebun kopi miliknya di Desa Muara Jauh, Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat.

“Jadi Edi ini otak pencurian sepeda motor korban dan merupakan resedivis kasus yang sama. Kita juga sudah mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor dan satu unit mobil,” pungkasnya. (ari)