FKM Unsri Gandeng SES Jerman Datangkan Tenaga Ahli

Eva Rosenmayr-Khemiri MA BScSLT (berbaju hitam dan berkacamata) tenaga ahli dari SES Jerman pose bersama Dekan, Wakil Dekan dan civitas akademik FKM Unsri

 

PALEMBANG, PALPOS.ID – Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sriwijaya (Unsri) terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan untuk menjadi yang terdepan. Hal tersebut salah satunya dilakukan dengan mendatangkan tenaga ahli dari luar negeri.

Baru-baru ini, persisnya Selasa (13/8), FKM Unsri menghadirkan Eva Rossenmayr-Khemiri MA BScSLT, seorang dosen yang sudah berpengalaman mengajar di beberapa universitas di Jerman dan Austria dibidang medical education, menjadi dosen tamu. Eva memiliki kompetensi dalam pengajaran dan pelatihan dibidang pendidikan medis, komunikasi kesehatan dan pencegahan penyakit.

“Dosen dari Austria ini sengaja kami hadirkan dalam kuliah umum untuk meningkatkan wawasan global mahasiswa baru, khususnya terkait isu terkini dibidang kesehatan masyarakat secara global,” kata Dekan FKM Unsri Iwan Stia Budi SKM Mkes melalui Wakil Dekan I FKM Unsri Asmaripa Ainy SSi MKes kepada Palpos.Id disela kuliah umum yang berlangsung di student centre FKM Unsri Inderalaya, Selasa (13/8).

Eva yang berasal dari Wiener Neustadt, Austria adalah tenaga ahli dari Senior Experten Service (SES). SES adalah lembaga non profit yang berpusat di Bonn, Jerman yang mengirimkan tenaga ahli ke seluruh dunia atas permintaan institusi lokal.

Selama di FKM Unsri tepatnya 12-30 Agustus 2019, tenaga ahli SES akan membantu dalam upaya pengembangan kurikulum berstandar internasional serta memberikan kuliah dengan topik dibidang kesehatan masyarakat, gizi dan kesehatan lingkungan.

Tenaga ahli SES ini juga membagikan informasi seputar langkah dalam mempublikasikan riset di jurnal internasional. Selain itu memberikan informasi mengenai peluang kolaborasi riset serta pengembangan jejaring dengan universitas di luar negeri. “Hal tersebut merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan atmosfer akademik di FKM Unsri,” kata Iwan.

Di FKM Unsri, gagasan untuk mengundang tenaga ahli SES diinisiasi oleh Dekan FKM Unsri Iwan Stia Budi SKM Mkes. “Gagasan ini mendapatkan dukungan dari semua civitas akademik FKM Unsri,” kata Asmaripa sebagai Wakil Dekan Bidang Akademik yang menjalin komunikasi ke pihak SES sejak pertengahan 2018 lalu.(chy)