Peduli HAM, Muba Target Tinta Emas Presiden

SEKAYU, PALPOS.ID – Bupati Musi Banyuasin (Muba), H Dodi Reza Alex Noerdin menargetkan, Kabupaten Muba meraih penghargaan Tinta Emas Presiden RI yang merupakan penghargaan bagi kabupaten yang peduli dengan HAM (hak azazi manusia). Hal itu terungkap, dalam acara sosialisasi implementasi Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM), di Hotel Ranggonang Sekayu, Kamis (15/08/2019).

Dodi Reza Alex mengatakan, untuk mewujudkan kabupaten peduli HAM membutuhkan peran serta semua pihak. Karena itulah, sosialisasi tersebut dipandang perlu sebagai upaya meningkatkan, penghormatan, perlindungan dan pemahaman serta mewujudkan Kabupaten peduli HAM.

“Melalui sosialisasi tentang HAM ini diharapkan, tidak hanya menghasilkan rumusan-rumusan terbaik, tetapi juga akan menghasilkan kesepahaman dalam penyusunan program kegiatan dan langkah lain yang dibutuhkan untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Muba Peduli HAM dengan memperoleh tinta emas Presiden RI,” ujarnya.

Lebih lanjut Dodi menuturkan, Dodi menilai HAM merupakan hal harus dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi semua pihak. Hal itu dilakukan untuk menjaga kehormatan serta perlindungan sesama manusia.

Sementara itu Kepala Bagian Hukum Setda Muba, H Yudi Herzandi SH MH menuturkan kegiatan diikuti sebanyak 100 peserta dari beberapa kecamatan diantaranya, Kecamatan Sekayu, Lawang Wetan, dan Sungai Keruh.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, dengan narasumber dari Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Selatan, Kejaksaan Negeri Muba, dan Bagian Hukum Setda Muba,” pungkasnya. (rom)