Sita 4 Kg Sabu dan 5 Ribu Ekstasi Dari Sindikat Riau

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli MSi saat gelar perkara 5000 butir ekstasi dan 4 kilogram sabu jaringan Riau, Kamis (15/08). Foto: deni/Palpos.id

PALEMBANG, PALPOS.ID Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel, menyita 4 kilogram sabu dan 5000 butir pil ekstasi dari empat kurir jaringan narkoba Riau. Selain itu, turut diamankan barang bukti enam unit ponsel, sepeda motor merk Kawasaki Ninja dan Yamaha Jupiter Z.

“Selain barang bukti ini, kita juga mengamankan 4 pelakunya. Duaorang warga Pekan Baru, dan dua lagi warga Palembang. Mereka ini merupakan jaringan sindikat narkotika Riau, Pekan Baru, Medan dan Palembang,” ungkap Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli MSi, didampingi Dir Narkoba, Kombes Pol Farman SIk, saat gelar perkara, Kamis (15/08).

Dikatakannya, belum genap satu bulan menjabat Kapolda Sumsel, setidaknya sudah empat kasus narkotika dalam jumlah besar yang berhasil diungkap.

“Iya, saya belum sebulan, sudah empat kasus narkoba dibongkar. Pertama 6 kg, kedua 9 kg sama TPPU. Terus ketiga 19 kg sama ribuan butir ekstasi, dan hari ini (kemarin) 5000 butir ekstasi dan 4 kg sabu. Artinnya kita harus makin genjar dan giat memberantas narkotika,” ujarnya.

Dir Narkoba Polda Sumsel, Kombes Pol Farman SIk menambahkan, pengungkapan jaringan narkotika ini memang masih ada dugaan kaitannya dengan jaringan Lapas.

“Meraka kita jerat dengan pasal 112 KUHP dan 114 KUHP dengan ancaman maksimal 20 tahun pidana penjara. Tidak hanya itu, untuk perkara pencucian uangnya juga kita kembangkan lagi,” tegasnya. (den)