Suasana Haru Warnai Pengukuhan Paskibraka Sumsel

Gubernur Sumsel H Herman Deru, foto bersama dengan seluruh Paskibraka Sumsel usai pengukuhan, Kamis (15/08/2019). Foto: humas pemprov sumsel

PALEMBANG, PALPOS.ID –  Sebanyak 50  pemuda dan pemudi terbaik Sumatera Selatan (Sumsel) yang tergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Sumsel yang akan bertugas menaikkan dan menurunkan bendera pada hari H HUT Kemerdekaan RI ke-74  tanggal 17 Agustus 2019, secara resmi dikukuhkan Gubernur Sumsel H Herman Deru,  di Griya Agung Palembang, Kamis (15/08).

Pengukuhan ke-50 anggota Paskibraka  Sumsel kali ini berlangsung sakral dan penuh penghayatan yang diawali dengan prosesi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta serta tradisi mencium bendera  merah putih.

Rangkaian prosesi ini  nyaris membuat semua  anggota Paskibraka, para undangan dan tak terkecuali Gubernur Sumsel H Herman Deru dan pejabat yang lainnya yang hadir terharu dan nyaris meneteskan air mata.

Gubernur Sumsel H Herman Deru  mengingatkan kembali akan perjuangan para pahlawan merebut dan mempertahankan Kemerdekaan RI dari penjajahan bangsa asing.  Karena itu dia meminta para generasi muda khususnya bagi anggota Paskibraka Sumsel untuk menghayati dan memaknai begitu berharganya bendera merah putih bagi Bangsa Indonesia yakni sebagai simbol dan identitas negara.

“Kalian sebagai  pemuda-pemudi yang terpilih mengemban tugas sebagai anggota Paskibraka  sudah seharusnya bersyukur dan bangga karena tidak semua orang mendapatkan kesempatan mulia  mengemban tugas besar mengibarkan bendera merah putih pada upacara detik-detik proklamasi. Karena itu laksanakanlah  tugas dengan sebaik-baiknya. Melalui Paskibraka ini mari kita perkokoh  Kebhinekaan Kesatuan dan Persatuan Bangsa,” ungkapnya.

Gubernur juga berpesan agar para anggota Paskibraka Sumsel ini dapat menjaga kesehatan dan mempersiapkan mental serta konsenrasi dalam tugas saat pengibarkan bendera pada  upacara penaikan dan penurunan bendera tangal tanggal 17 Agustus  mendatang. “Terimakasih kepada para pelatih-pelatih yang dari berbagai unsur yang telah  mencurahkan energi dan waktunya demi menyiapkan anggota Paskibraka Sumsel,” tandasnya. (bar)