Stok Darah di UTD RSUD Banyuasin Kosong

Salah seorang warga sedang mendonorkan darahnya di UTD RSUD Banyuasin, Kamis (29/08/2019). Foto: malyadi/Palpos.ID

BANYUASIN, PALPOS.ID – Kepala Ruangan Unit Transfusi Darah (UTD)  RSUD Banyuasin Fanny melalui Sudar mengatakan saat ini stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyuasin dalam kondisi kosong.

Akibat kosongnya stok darah tersebut kata Sudar, keluarga pasien yang membutuhkan darah terpaksa mencari sendiri darah yang dibutuhkannya.

“Jadi jika ada pasien atau masyarakat membutuhkan darah, dapat menghubungi keluarga yang memiliki darah sesuai golongan. Itu solusinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Sudar menuturkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi-instansi lainnya agar dapat menggelar kegiatan donor darah. “Jika memang tidak ada lagi kantong darah, maka kita berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya,” ucapnya.

Lebih lanjut Sudar mengimbau, kepada masyarakat untuk dapat membantu kekosongan stok darah tersebut dengan ikut menyumbangkan darahnya ke UTD RSUD Banyuasin.

“Nantinya bagi masyarakat yang ingin menyumbang darah, harus terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan dan lain sebagainya. Jika sudah memenuhi persyaratan,  langsung kita ambil darahnya,” ungkapnya.

Dikatakannya, banyak manfaat donor darah selain mendapatkan pahala donor darah juga baik untuk Kesehatan seperti kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu menurunkan berat badan.

Kemudian, manfaat donor darah bagi kesehatan psikologis, mendeteksi penyakit, turunkan risiko kanker, pemeriksaan kesehatan gratis dan mengurangi kadar zat besi dalam darah.

“Jadi jika ada masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya dapat datang langsung ke UTD RSUD Banyuasin. Petugas kami akan siap melayani,” pungkas dia. (mal)