4.000 Peserta Bakal Ramaikan Gowes Literasi

Rapat pemantapan acara Gowes Literasi bersama Gubernur Sumsel dan Duta Literasi Sumsel di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (03/09/2019). Foto: bambang/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Peserta kegiatan Gowes Literasi bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Duta Literasi Sumsel Hj Percha Leanpuri dipastikan akan membludak. Dimana panitia gabungan dari Dinas Perpustakaan Sumsel, Dispora Sumsel, Gerakan Sumsel Maju (GSM), dan Palembang Pos itu, menargetkan 4.000 peserta.

Selain Gowes Literasi, sebenarnya kegiatan yang akan digelar Minggu (08/09/2019) mendatang itu juga akan diisi oleh beberapa acara lainnya, seperti senam massal yang menargetkan diikuti 5.000 peserta, serta launching program ‘Sumsel Cerdas Sumsel Membaca’.

Untuk kesuksesan acara, sambung Mislena, dirinya minta kepada seluruh stakeholder, mulai dari Diskominfo, Disdik, Dishub, Biro Humas dan Protokol, Dinkes, Sat Pol PP, dan yang lainnya untuk bersama-sama bergandengan tangan. ‘’Gowes Literasi ini digelar bertepatan dengan Hari Aksara Internasional,” jelas Kepala Dinas Perpustakaan Sumsel Mislena SE MSi ditemui usai memimpin rapat di Ruang Rapat Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (03/09/2019).

Sedangkan Ketua GSM Kiki mengaku, pihaknya juga siap berkolaborasi dengan semua elemen demi kesuksesan acara tersebut. ‘’Semuanya sudah kita siapkan, mulai dari panggung, booth pojok baca, hingga food festival berupa 10 jenis makanan dan minuman gratis. Start dan Finis Gowes Literasi sendiri yakni Griya Agung Palembang, dengan menempuh rute 12 kilometer,” terangnya.

Sedangkan General Manager Palembang Pos Dian Fauzen ST mengaku, pihaknya sudah siap menggelar kegiatan ini bersama stakeholder yang ada. ‘’Gowes Literasi ini merupakan rangkaian kegiatan. Sebelumnya kita menggelar Lomba menulis puisi dan lomba menulis cerpen bagi pelajar dengan target 20.000 pelajar,” ungkap Dian Fauzen.

Untuk target 4.000 peserta Gowes Literasi sendiri, pihaknya sebagai salah satu lokasi pendaftaran peserta, juga mengaku optimis bisa tercapai. Saat ini sudah lebih dari 50 komunitas dengan peserta sekitar 1.500 orang yang mendaftar ikut Gowes Literasi. ‘’Ini belum termasuk komunitas sepeda dari OPD di lingkungan Pemprov Sumsel, BUMN, BUMD, forum CSR serta stakeholder lainnya,” tambah Dian Fauzen. (bar)