Sakit, Dua Beradik Butuh Uluran Tangan Dermawan

Kedua pasien saat sebelum dibawa ke rumah sakit, Rabu (04/09/2019). Foto: eko/Palpos.ID

BATURAJA, PALPOS.ID – Di usia yang masih belia, Nadia (19) dan Vika Laona (11), warga  Desa Merbau RT 01 Kecamatan Lubukbatang Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) ini tak dapat menikmati masa-masa indah sebagai remaja layaknya anak seusia mereka.

Pasalnya, keduanya terpaksa hanya bisa duduk diam mengurung diri di dalam rumah lantaran mengalami penyakit kulit langka yang menggerogoti tubuh mereka.

Kedua putri pasangan Zahril Hamid (39) dan Yunani (37) ini diduga mengalami penyakit kelainan genetika,  hal ini diketahui setelah Kapolres OKU, AKBP NK Widayana Sulandari melalui Tim Urusan Kesehatan (Urkes) Polres OKU  Anica Tursia AMKeb SKM bersama Kapolsek Lubutbatang, AKP Ujang Abdul Aziz menyambangi kediaman mereka untuk melakukan pemeriksaan kesehatan beberapa hari lalu.

Pantauan di UGD RSUD Ibnu Soetowo Baturaja, Rabu (04/09/2019), kondisi tubuh dua kakak beradik ini sungguh sangat memilukan.

Penyakit kulit yang mereka derita mengakibatkan rasa gatal yang luar biasa, terlihat kulit di seluruh tubuh mereka melepuh seperti luka bakar. Kondisi ini mempengaruhi kondisi fisik tubuh mereka yang berkembang secara tidak sempurna.

Ukuran tubuh mereka hanya seperti anak-anak balita, bahkan jari-jari di kedua tangan mereka memendek akibat penyakit yang mereka derita. “Penyakit ini sudah lama mereka derita, yakni sejak lahir,” kata Zahril, ayah kedua putri malang ini saat dibincangi wartawan di RSUD Ibnu Soetowo Baturaja.

Zahril berharap ada dermawan yang mau mengulurkan tangan mereka untuk membantu pengobatan kedua anaknya. Serta berharapkan perhatian pemerintah agar bisa membantu pengobatan untuk kesembuhan anaknya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan OKU, Husni Thamrin didampingi Kabid Kesmas, Deddy Wijaya mengatakan, pihaknya sudah menangani Nadia sejak 2000. Bahkan keduanya sudah pernah dirujuk ke RSMH Palembang. (eco)