Pelajar SMAN 15 Juara Menulis Cerita Pendek

Gubenur HD didampingi Duta Literasi Hj Percha Leanpuri menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba literasi, Minggu (08/09/2019). foto: koer/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Bertujuan meningkatkan literasi pelajar SMA dan SMK sederajat di Sumsel, Harian Umum Palembang Pos bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan menggelar Lomba Literasi menulis cerpen dan puisi.

Lomba Literasi diikuti oleh 6.500 pelajar SMA dan SMK sederajat baik negeri maupun swasta se-Sumsel. Pengumuman pemenang bersamaan dengan Gowes Literasi di Istana Gubernur Sumsel, Griya Agung Palembang, Minggu (08/09/2019).

General Manager Palembang Pos, Dian Fauzen  mengatakan Lomba Literasi antar pelajar SMA/SMK se-Sumsel ini, bertujuan untuk menggali potensi siswa dalam  tulis menulis. Untuk diketahui, saat ini, dengan makin majunya teknologi khususnya teknologi informasi, literasi mulai ditinggalkan pelajar SLTA. ‘’Atas dasar itulah, Palembang Pos dan Dinas Pepustakaan Sumsel bersama Dinas Pendidikan Sumsel mengadakan Lomba Literasi,’’ ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, tema Lomba Literasi yakni lingkungan hidup, kemanusiaan, dan pendidikan. Hasil penilaian juri, juara pertama lomba menulis cerpen  diraih  Miranti,  pelajar SMA Negeri 15 Palembang, dengan judul cerpen ‘’Rintikan Ilusi’’. Juara 2, Putri Rizkiyanti, pelajar SMAN 1 Kayuagung dengan judul cerpen ‘’Sajak Dari Pemimpi’’, dan juara 3  Nabila Hurun, siswa SMAN 17 Palembang, dengan judul cerpen ‘’Pulih Kembali’’

Untuk Juara Harapan 1 diraih  Indah Putri Rahma, pelajar SMAN 2 PALI dengan judul cerpen ‘’Bulir Air Mata Qiran’’, Juara Harapan 2, Muhammad Kurni, siswa SMAN 1 Palembang dengan judul cerpen ‘’Hujan dan Luka di Hati’’, dan juara Harapan 3 diraih  Salsabilah, pelajar SMAN 2 Palembang dengan judul cerpen ‘’Tanpa Batas’’.

Sementara, juara pertama lomba puisi disabet  Nabila Hartina, pelajar SMAN 17 Palembang dengan judul puisi ‘’Sajak Yang Berkata’’, juara 2, Ghina (SMAN 6 Palembang), dan juara 3,  Rida Satriani (SMKN 6 Palembang). Untuk juara harapan 1, Nabila Maharani (SMAN 1 Palembang), juara harapan 2,  Nyayu Fitri Wulandari (SMAN 4 Palembang), dan juara harapan 3, Rahayu Cahya Pratiwi (SMAN 3 Palembang). (umn)