Asap Hitam Mengepul di Lahan Perkebunan Tebu PTPN 7

Kebakaran yang melalap perkebunan tebu di PTPN 7 Kabupaten Ogan Ilir, Senin (09/09/2019). Foto: din/palpos.ID

INDRALAYA, PALPOS.ID – Musim kemarau yang masih terus berlangsung, kembali memicu terjadinya kebakaran di wilayah perkebunan tebu PTPN 7 milik Cinta Manis Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir. Kebakaran kali ini terjadi di rayon I petak 132, Senin (09/09/2019), sekitar pukul 10.30 WIB.

Dari hasil pantuan di lapangan, asap hitam mengepul di udara, namun belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun akibat embusan angin yang kencang-kencangnya, membuat api begitu cepat merambat dan menjalar, sehingga dengan leluasa menghanguskan lahan tebu yang ada. Ditambah lagi tidak adanya tim pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan saat itu.

Setelah berjam-jam berlangsung, barulah tim pemadam kebakaran dari pihak manajemen PTPN 7 Cintamanis datang dan memadamkan kobaran api tersebut. Lahan tebu yang siap panen itu pun sudah semakin meluas terbakar. Kisarannya mencapai dua hingga tiga hektar. Diketahui, ternyata lahan perkebunan pabrik gula pelat merah ini memang kerap terbakar.

Bahkan statement yang dilontarkan oleh pihak manajemen PTPN 7 Cinta Manis yang menyatakan jika lahannya tidak akan terbakar lagi hanya isapan jempol. Terbukti, dari kembalinya lahan tersebut terbakar yang begitu luas. Sementara itu manajemen PTPN 7 Cinta Manis hingga berita ini diturunkan belum berhasil dikonfirmasi. (sul)