14 Warga Lahat Diduga Keracunan Sambal Tahu

Warga keracunan makanan mendapat pertolongan di Puskesmas Jarai, Rabu (11/09/2019). Foto: ist/net

LAHAT, PALPOS.ID – Sebanyak 14 orang warga Desa Sadan Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat, diduga mengalami keracunan sambal tahu bercampur umbi bunga mirip daun bawang. Dalam peristiwa keracunan massal yang terjadi Rabu (11/09/2019), sekitar pukul 14.30 WIB itu, Riska (33), harus dilarikan ke RSUD Besemah Kota Pagaralam.

Sedangkan sisanya, sudah diperbolehkan pulang setelah mendapat perawatan di Puskesmas Jarai. Keracunan belasan warga Desa Sadan ini, berawal saat Idrus, warga setempat menggelar resepsi pernikahan.

Setelah acara selesai, panitia memasak menu sambal tahu campur bunga seperti daun bawang, untuk makan bersama. “Acara sebenarnya sudah selesai, para korban ini panitia acara, masak untuk makan bersama,” kata Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIk, melalui Kapolsek Jarai, Iptu Hendrinadi SH MH, dihubungi via seluler, Rabu (11/09/2019).

Tanpa ragu, panitia yang juga masih kerabat Idrus yang sudah mensukseskan acara persedekahan itu pun melahap menu yang dimasak itu. Tidak beberapa lama, efek menu masakan itu mulai terasa. Mereka yang menyantap sambal tersebut mulai merasakan mual dan pusing. Bahkan, beberapa diantaranya mulai muntah.

Merasa ada yang tidak beres, warga sekitar langsung melarikan belasan korban ini ke Puskesmas Jarai. Pertolongan pertama dilakukan. “Satu orang kondisi cukup serius, hingga dirujuk ke rumah sakit Besemah Pagaralam. Sisa makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan, sudah kami ambil untuk dites di Dinas Kesehatan,” jelas Hendrinadi. (ari)