Herman Deru: Orang Sumsel Harus Jadi Teladan

Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Ketua KPK Irjend Pol Firli Bahuri ketika menjabat Kapolda Sumsel, beberapa waktu lalu. Foto: net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Kapolda Sumsel Irjend Pol Firli Bahuri terpilih sebagai Ketua KPK periode 2019-2024. Tentu saja ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi warga Provinsi Sumsel. Sebab Firli merupakan orang kedua asal Sumsel yang terpilih sebagai Ketua KPK, setelah H Antasari Azhar.

Kebanggaan itu juga diungkapkan Gubernur Sumsel H Herman Deru ketika ditemui wartawan di Hotel Novotel Palembang, kemarin. Menurut HD, yang lebih bangga lagi yakni masyarakat Kabupaten OKU, karena putra daerahnya terpilih sebagai Ketua KPK.

“Saya tidak bicara sebagai Gubernur ya, tapi sebagai orang Sumsel. Tentunya sangat bangga atas terpilihnya Irjend Pol Firli sebagai Ketua KPK. Apalagi beliau juga berasal dari Kabupaten OKU,” tutur HD.

HD mengimbau kepada warga Sumsel untuk berhati-hati dan jangan melakukan tindakan yang berpotensi melanggar hukum. ‘’Orang Sumsel harus menjadi teladan. Kalau kita melanggar dan ditangani Pak Firli, orang akan mengecam Sumsel,” imbau HD.

Dikatakan HD, Irjend Firli merupakan orang yang baik dan memiliki integritas tinggi dalam bekerja. Sebagai seorang sahabat, HD meminta Firli menjadi orang yang apa adanya seperti yang dirinya kenal selama ini. ‘’Silaturahmi jangan sampai terputus, meski saat ini tentu ada pagar pembatasnya. Artinya sebagai silaturahmi yang diperbolehkan dan tidak melanggar aturan saja,” kata HD.

HD berkomitmen bahwa Sumsel akan berintegrasi dengan KPK dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. Karena KPK tidak hanya sebagai lembaga penindakan, tetapi juga sebagai lembaga pencegahan. “Tidak haram bagi KPK bekerja sama dengan lembaga, karena ruhnya adalah pencegahan. Harapan saya Pak Firli sebagai Ketua KPK terpilih, harus meningkatkan pencegahan korupsi,” tambah HD. (bar)