Hibah Rutin, KPU Sumsel Ajukan Dana Rp17,7 M

Kantor KPU Sumsel yang terletak di Jalan Pangeran Ratu Kecamatan Jakabaring Kota Palembang. Foto net

PALEMBANG, PALPOS.ID – KPU Provinsi Sumsel mengaku telah mengajukan anggaran hibah rutin ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Sumsel, sebesar Rp 17,7 Miliar.

Menurut Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, anggaran sebanyak itu akan digunakan untuk penguatan kelembagaan, bimtek untuk 17 kabupaten/kota, dua kali kegiatan pelatihan building recources and democracy Goverment  an election.

“Berapa dikabulkan usulan anggaran menurutnya pihaknya tidak tahu, namun pihaknya akan melakukan roadshow di 7 kabupaten kota di Sumsel sebelum hari H dan jauh hari sebelum pelaksanaan kampanye pilkada,” kata Kelly Jumat (13/09/2019).

Selain itu lanjut Kelly, pihaknya juga sudah mengajukan anggaran di APBD Perubahan 2019 untuk penguatan KPU Sumsel, seperti untuk renovasi kantor, bimtek-bimtek dan pelaksanaan sosialisasi tahapan pemilukada di 7 kabupaten dan kota di Sumsel.

“Besarannya tidak terlalu besar itu untuk penguatan internal kami, sebagian untuk sosialisasi membantu pilkada di kabupaten kota, jadi tidak sampai Rp 10 miliar. Perkiraan kami dapatnya sekitar Rp3 miliar karena mungkin nanti pencairannya akan lambat sekitar November, takutnya kami tidak punya waktu untuk menghabiskan itu, kami perkirakan dapatnya Rp3 miliar,” katanya.

Dan pihaknya belum mendapatkan keputusan apakah mendapatkan Rp3 miliar atau berkurang. “Monitoring 7 pilkada itu khan akan kami lakukan di 2020, pengajuannya bukan di ABT tapi di pengajuan anggaran Rp2020. Jadi monitoring banyak dilakukan di 2020, terutama untuk 7 KPU Kabupaten kota yang akan pilkada,” kata Kelly sembari menyebut pihaknya akan melakukan pendampingan untuk buat program-program, sosialisasi dan bimtek-bimtek juga menggunakan kelembagaan untuk internal kantor. (opa)