Sekda Tegaskan Lakukan Penataan Pulau Kemaro

Drs Ratu Dewa, Sekda Kota Palembang. Foto: net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Setelah lama terbengkalai bungalow Pulau Kemaro, kini akan kembali dilakukan penataan. Hal ini ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Drs Ratu Dewa, MSi disela-sela memimpin rapat penataan Pulau Kemaro di ruang rapat II, Jumat (13/09/2019).

“Kita tekankan seluruh Organisasi Perangkat Dinas (OPD) bekerjasama dalam penataan,” ujarnya. Menurut Dewa, penataan Pulau Kemaro sudah semestinya dilakukan untuk memanfaatkan potensi wisata yang sudah ada.

“Mubazir, aset daerah yang sudah sangat mendukung tapi tidak dikelola dengan baik. Hari ini kami rapat bersama OPD terkait apa saja yang ingin dipenuhi fasilitasnya,” jelas dia.

Ditambahkan Kepala Dinas Pariwisata, Isnaini Madani, terkait penataan Pulau Kemaro pihaknya akan meninjau lokasi. “Besok kita akan tinjau dulu, lihat kondisi,” kata dia.

Selama ini lanjut dia, infrastruktur Pulau Kemaro belum memadai, seperti listrik dan air bersih. “Listrik sudah ada, sedangkan air baru sedikit, belum maksimal. Makanya rapat ini juga untuk memastikan seluruh OPD, baik akomodasi, akses jalan darat maupun sungai,” tegasnya.

Disinggung mengenai potensi bungalow, Isnaini mengatakan, sangat berpotensi untuk dikonsep menjadi resort. Saat ini sudah ada 10 unit bungalow, sehingga harus ditambah 5 unit lagi. “Cuma kalau ingin ditambah biaya cukup tinggi, paling memanfaatkan bawahnya,” jelasnya.

Paling tidak lanjut dia, untuk memenuhi kriteria resort harus ada meeting room, dinning room, office, resepsionis, sehingga menarik dan meyakinkan wisatawan untuk berkunjung dan menginap di bungalow. (sef)