Udara tak Sehat, Wawako Palembang Bagikan Masker

Wawako Palembang, Fitrianti Agustinda membagi-bagikan masker kepada pengendara di Simpang Lima Kampus, Senin (16/09/2019). Foto: humas pemkot palembang

PALEMBANG, PALPOS.ID – Kabut asap yang makin pekat di Kota Palembang mempengaruhi kualitas udara di kota pempek. Untuk mengantisipasi terpapar partikel debu, Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda kembali bagi-bagi masker di Simpang Lima DPRD Provinsi Sumatera Selatan, Senin (16/09/2019).

Diakui Fitri, kabut asap yang kian memburuk selama beberapa akhir pekan di Kota Palembang. Pihaknya terus berupaya dalam mengurangi dampak udara yang kurang baik tersebut.

“Kita hari ini membagikan masker untuk masyarakat yang melewati simpang 5 ini, dan membagikan juga di beberapa sekolah untuk mengurangi dampak dari asap ini,” ujar dia.

Dia menjelaskan, pihaknya akan terus menginformasikan kepada masyarakat terkait kondisi udara di Kota Palembang. “Kita akan segera menginformasikan secepatnya kepada masyarakat, terutama warga yang beraktivitas di luar ruangan,” kata dia.

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan beberapa dinas terkait, untuk siap dalam menghadapi cuaca yang baik tersebut. Bahkan Fitri akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, untuk meliburkan sekolah jika kondisi cuaca dinilai semakin memburuk.

“Kita instruksikan dengan Diknas untuk mengurangi jam belajar yang biasanya mulai pukul 06.40 WIB, sekarang menjadi sekitar jam 08.00 WIB. Selain itu meminta Dinas Kesehatan untuk siap dalam menghadapi meningkatnya warga yang terkena ISPA, dengan menyiagakan seluruh Puskesmas yang ada di Kota Palembang ini,” tukasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, Letizia mengungkapkan, pihaknya akan terus berupaya dalam mengurangi dampak yang terjadi karena bencana kabut asap tersebut.

“Kita akan menyiapkan masker untuk masyarakat khususnya pada anak dan pelajar, karena udara yang kurang baik dapat membahayakan mereka, kami juga akan siaga jika ada warga yang menderita sakit akibat kabut asap ini,” kata Letizia. (sef)