Empat Puskesmas di Palembang Gratis Pap Smear

Ibu Negara RI, Iriana Joko Widodo berkunjung ke Puskesmas Merdeka Palembang memberi sosialisasi Pap Smear, Selasa (17/09/2019). Foto : ist/net

PALEMBANG, PALPOS.ID – Ibu Negara RI Iriana Joko Widodo, didampingi oleh para istri menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK), berkunjung ke Puskesmas Merdeka Palembang, Selasa (17/09/2019).

Iriana didampingni Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Febrita Lustia Deru, Ketua Tim Penggerak PKK Palembang Selviana Harnojoyo, Kepala Dinas Pendidikan Ahmad Zulinto, Kepala Dinas Kesehatan Letizia.

Kunjungan Iriana untuk mengampanyekan pemeriksaan dini kanker rahim kepada ibu-ibu di kota Palembang. “Usia seperti kita ini harus sering-sering cek kesehatan. Baik undangan ataupun ke sadaran sendiri,” kata Iriana.

Soalnya, kanker rahim menyerang wanita di usia subur dan produktif. Oleh sebab itu, ia berharap muncul kesadaran dari warga. Iriana juga mengapresiasi pelayanan yang diberikan Puskemas Merdeka Palembang. Setelah memberikan penyuluhan, Iriana kemudian melihat langsung pelayanan pemeriksaan kesehatan bagi ibu-ibu di puskesmas tersebut.

Sementara itu, Wawako Fitrianti Agustinda didampingi Kadinkes dr Hj Letizia mengatakan, jika Pemkot Palembang menyediakan sarana gratis pemeriksaan pap smear di empat puskesmas yakni di Puskesmas Merdeka, Dempo, Pembina dan Sematang Borang.

“Silakan datang, khususnya ibu-ibu usia subur (25-50 tahun) karena jika ke rumah sakit harus mengeluarkan dana Rp25 ribu untuk sekali periksa. Paling tidak satu kali dalam setahun diperiksa,” kata Fitrianti.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Merdeka Palembang, Desty Aryani, menyampaikan terima kasih atas kunjungan Ibu Negara Iriana Jokowi. “Kami merasa bersyukur dan terima kasih atas kunjungan tersebut, ini akan menjadi motivasi kami untuk meningkatkan pelayanan lebih baik lagi,” kata Desty. (sef)