Guru Honorer Pembunuh Istri Divonis 15 Tahun

Sudirman, guru honorer yang membunuh istrinya ketika mengikuti sidang vonis di PN Lubuklinggau, Selasa (17/09). Foto: maryati/Palpos.id

LUBUKLINGGAU, PALPOS.ID – Sudirman (36), guru honorer Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Desa Karang panggung, Kecamatan Selangit, Kabupaten Mura, yang membunuh istrinya Rozalina (36), divonis hukuman 15 tahun penjara oleh majelis hakim dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Lubuklinggau, Selasa (17/09), sekitar pukul 15.00 WIB.

“Terdakwa telah terbukti bersalah melakukan pembunuhan sebagaimana diatur dalam Pasal 338 KUHP, dan menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa dengan hukuman pidana 15 tahun penjara,” kata Hakim Ketua, Mimi Haryani didampingi hakim anggota, Indra Lesmana Karim dan Yuliana.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim ini, lebih rendah dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Sumar Herti, yang sebelumnya menuntut terdakwa 18 tahun penjara, dengan pasal pembunuhan berencana yakni pasal 340 KUHP.

Terhadap putusan tersebut, majelis hakim memberikan waktu kepada terdakwa dan JPU untuk menerima atau menolak putusan itu.

Seperti diketahui, Sudirman menjadi terdakwa karena telah melakukan tindak pidana pembunuhan terhadap istrinya sendiri Rozalia (36), guru SMP Negeri 12 Lubuklinggau. Pembunuhan yang menghebohkan warga ini, terjadi di rumah pasutri tersebut di Jalan Mangga Besar II, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Rabu (06/03) yang lalu, sekitar pukul 14.30 WIB.

Korban tewas dengan empat luka tusuk.Tersangka sendiri mengaku nekat menghabisi nyawa istrinya, karena kesal telah dimaki-maki dan merendahkan dirinya. (mar)