Kajati Sumsel Atensi Kasus Karhutbunlah di OKI

Kajati Sumsel, S Purnomo saat melakukan Kunjungan kerja Ke Kejari OKI, Rabu (18/09/2019). Foto: muin/Palpos.ID

KAYUAGUNG, PALPOS.ID – Kajati Sumsel S Purnomo SH menginstruksikan kepada jajaran Kejari OKI agar serius menangani kasus Karhutbunlah.

“Tadi, saat briefing saya sampaikan atensi terkait dengan kasus Karhutbunlah, di kejaksaan menjadi domain bidang pidana umum. Saya minta penanganan kasus ini lebih ditingkatkan komunikasi dengan penyidik, untuk penanganan jangan sampai bolak-balik,” tegas Kajati usai melajukan kunjungan kerja ke Kejari OKI, Rabu (18/09/2019).

Terkait dengan adanya aksi demonstrasi SPM Sumsel di kantor Kejati beberapa waktu lalu, yang meminta Kejati Sumsel mengambilalih penanganan kasus dugaan korupsi di Kejari OKI karena dinilai lamban, menurut Purnomo, pihaknya sangat respon dengan adanya hal yang disampaikan masyarakat dan itu menjadi kewajiban untuk ditindaklanjuti.

Hanya memang, sambungnya, sebagian laporan ada yang disertai data pendukung ada yang tidak. Sebagai salahsatu contoh, ada satu proyek yang dilaporkan modalnya foto proyek saat dikerjakan, kemudian tahun berikutnya dilihat ada salahsatu foto yang dicek, ternyata ada foto bukan tersebut.

“Intinya, adalah masyarakat melalui lembaga-lembaga anti korupsi boleh melaporkan, tetapi laporan akan kita uji, jika pertanyaannya bagaimana laporan ke Kajari lalu disampaikan ke Kejati, tidak masalah,” katanya.

Sementara itu Kajari OKI, Ari Bintang Prakosa Sejati SH mengatakan pihaknya selalu menindaklanjuti setiap laporan yang masuk, dan laporan tersebut tentu saja akan dilakukan pengujian. “Saya kira tadi sudah disampaikan pak Kajati, dan setiap laporan yang masuk akan diuji. Dan itupun kita lakukan,” jelasnya singkat.

Sebelumnya, SPM Sumsel melakukan aksi demo di Gedung Kejati Sumsel dan mendesak lembaga penegak hukum tersebut mengambil alih kasus dugaan korupsi yang sebelumnya dilaporkan SPM ke Kejari OKI. Pasalnya, sudah lebih dari dua bulan laporan tersebut tak kunjung ada tindaklanjut. (nur)