Tim Gabungan Jaga Bukit Serelo dari Api Karhutlah

Tim gabungan yang bertugas dan bersiaga menjaga Bukit Serelo dari kebakaran, Minggu (22/09/2019). Foto: arif/Palpos.ID

LAHAT, PALPOS.ID – Beruntung kemarau tahun ini kawasan Bukit Serelo (Buser) belum ditemukan kebakaran. Namun bukan tidak mungkin itu terjadi. Sehingga tim gabungan dengan unsur warga, Manggala Agni, Polri dan TNI menjaga bukit yang menjadi ikon Kabupaten Lahat itu dari kebakaran. Apalagi hampir setiap musim kemarau Bukit Serelo selalu terjadi kebakaran.

Tim gabungan yang selalu berpatroli ini rutin memantau setiap kawasan yang rawan terjadi kebakaran. Sehingga bila terjadi kebakaran, dapat dilakukan pemadaman dengan cepat. “Kondisi semak belukar, hutan sudah kering, rentan sekali terbakar. Makanya tim ini terus berpatroli,” kata Bhabinkamtibmas Polsek Merapi, Briptu Herdyanto, Minggu (22/09/2019).

Keberadaan tim ini diharapkan dapat mencegah kebakaran meluas, bila ditemukan titik api di kawasan Bukit Serelo yang berada di wilayah Kecamatan Merapi Barat dan Selatan itu. Apalagi kawasan Bukit Serelo berada di wilayah terjal, dan sulit dijangkau peralatan, hingga api akan sulit dipadamkan bila saat ditemukan kebakaran sudah luas.

“Mudah-mudahan tidak ditemukan (titik api, red) sampai hujan kembali turun. Makanya tim akan langsung bekerja bila ditemukan titik api, sehingga dapat cepat ditanggulangi,” ujar perwakilan Manggala Agni, Sepran Effendi. (ari)