Anita Perempuan Pertama Jabat Ketua DPRD Sumsel

Ketua DPD partai Golkar, H Alex Noerdin, didampingi RA Anita Noeringhati, dan Herpanto, saat memberikan keterangan pers di Holten Exelton Palembang, Senin (23/09/2019). foto popa/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Sejak DPRD Sumsel berdiri, baru periode sekarang posisi Ketua DPRD Sumsel dipegang oleh seorang perempuan, yakni Hj RA Anita Noeringhati. Amanah yang besar ini diberikan Partai Gokar kepada kader yang dianggap mampu untuk menjalankannya.

“Kalau ada yang bertanya mengapa Golkar memilih RA Anita sebagai Ketua DPRD Sumsel, bukan kader Golkar yang lain, itu merupakan hasil evaluasi yang dilakukan DPP. Dari 8 nama yang diusulkan, DPP menilai Anita yang paling mampu,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Sumsel H Alex Noerdin, saat meberikan keterangan pers di Holten Exelton, Senin (23/09/2019).

Menurut Alex, penunjukan itu sudah disetujui dan ditandatangani langsung DPP, melalui SK DPP Golkar nomor: R-1145/GOLKAR/ IX/2019 yang dikeluarkan pada 18 September 2019, dan ditandatangani Ketum Airlangga Hartarto dan Sekjen Lodewik F Paulus.

“Kami ada mekanisme dari DPD ke DPP, Syarat minimal sudah pernah duduk di DPRD tersebut, suara terbanyak, dan diatas itu loyalitas ke partai lebih penting,” kata Alex didampingi Sekretaris DPD Partai Golkar Sumsel, Herpanto, Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM RA Anita, dan Bendahara Nadya Basjir.

“Nama-nama kemudian diverifikasi DPP dan ditetapkan Anita. Dimana, Anita memenuhi kriteria syarat, ditambah loyalitas ke partai,” kata Alex, sembari mengatakan kalau Anita akan menjadi Ketua DPRD Sumsel sementara, sekaligus Ketua Definitif.

Sedangkan RA Anita Noeringhati sendiri, selaku Ketua DPRD Sumsel pertama mengaku bersyukur dan siap untuk melaksanakan dan mengembalikan marwah DPRD Sumsel, sebagai lembaga wakil rakyat yang disegani. “Nanti setelah duduk dan dilantik, saya akan meningkatkan marwah DPRD Sumsel, dimana program yang diusulkan banyak dijalankan dan akan evaluasi,” katanya. (opa)