Smart SIM Bisa Berfungsi Sebagai Alat Pembayaran

Kanit Regident Satlantas Polresta Palembang, Iptu Mery Agustina, ketika meninjau dan memberikan penjelasan kepada warga yang membuat Smart SIM, Senin (23/09/2019). Foto: mizon/Palpos.ID

PALEMBANG, PALPOS.ID – Korps Lalulintas (Korlantas) Polri, resmi meluncurkan Smart SIM atau SIM Pintar yang diberlukan di seluruh Indonesia. Selain sebagai identitas resmi yang wajib dimiliki oleh semua pengendara, Smart SIM juga bisa berfungsi sebagai alat pembayaran dengan jumlah deposit maksimal Rp 2 juta.

Pengisian saldo dapat dilakukan dibeberapa bank yang telah menjalin kerjasama dengan Polri, yakni Bank Mandiri, BRI dan BNI. Saldo yang ada di SIM Pintar ini, dapat digunakan untuk pembayaran belanja di pasar modern dan minimarket, serta sebagai kartu pembayaran tol.

Kasat Lantas Polresta Palembang, Kompol Arif Harsono melalui Kanit Regident, Iptu Mery Agustina mengatakan, setelah diperkenalkan oleh Korlantas Mabes Polri, Smart SIM atau SIM Pintar secara resmi telah diberlakukan di seluruh Indonesia, pada Senin (23/09/2019).

“Sebelum diluncurkan ke masyarakat, Smart SIM ini telah dilakukan uji coba dilengkapi dengan chip, sehingga tidak mudah dipalsukan. SIM ini bisa diisi saldo melalui Mandiri, BNI dan BRI dengan maksimal Rp2 juta, sehingga bisa dipakai untuk berbelanja di minimarket serta sebagai kartu tol,” jelasnya Mery, Senin (23/09/2019).

Selain sebagai legitimasi kompetensi terhadap seseorang untuk mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya, SIM Pintar ini juga berfungsi sebagai pendukung forensik kepolisian, fungsi kontrol atau untuk penegakan hukum dan sistem pelayanan prima.

“Fungsi kontrol atau penegakan hukum bermakna bahwa SIM sebagai pendukung sistem pendataan pelanggaran yang terkoneksi pada sistem Traffic Attitude Record (TAR). TAR sendiri merupakan sistem pendataan atas pelanggaran yang dilakukan para pengendara dalam berlalu lintas,” terangnya. (zon)