Bupati Resmikan STIT Perdana di Kabupaten Muratara

Serah Terima Grand Opening STIT Al-Mathiriyah Kabupaten Muratara, Selasa (24/09/2019). Foto Ist/net

MURATARA, PALPOS.ID – Bupati Muratara HM Syarif Hidayat meresmikan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Mathiriyah perdana di Kabupaten Muratara, Selasa (24/09/2019). Dengan adanya Perguruan Tinggi dapat membangun Indeks Peningkatan Manusia (IPM) di Muratara.

Kepala Kantor Kementerian Agama, H Iksan Baijuri menceritakan, sebelumnya STIT ini sudah terbentuk sejak 2017 yang lalu. Namun sempat muncul peraturan yang mengharuskan seluruh perguruan tinggi harus terdaftar baru  boleh melaksanakan kegiatan. Jadi sempat vakum sejak 2018 hingga berhenti beroperasi. Namun setelah mengurus berkas ke kementerian mereka baru mendapatkan izin operasional dari Banpt sejak 2019.

“Selama ini sekitar 2000 lebih lulusan dari SMA/SMK di wilayah kita yang menganggur, mereka hanya mendapat dua pilihan melanjutkan sekolah dengan biaya tinggi atau berhenti menuntut ilmu ke perguruan tinggi karena harus keluar daerah dan di Muratara tidak ada sekolah perguruan tinggi,” ungkapnya.

Dikatakannya mayoritas warga dari Muratara, menamatkan pendidikan hingga semester 3. Mereka berhenti atau putus di tengah jalan, lantaran terkendala biaya pendidikan yang tidak murah di luar daerah.

Bupati Muratara, H Syarif Hidayat menegaskan, pihaknya sangat mendukung segala bentuk pembangunan khususnya dalam dunia pendidikan. Dia meminta, kepala Dinas Pendidikan Muratara untuk mempersiapkan 100 pelajar terbaik asal Muratara yang nantinya akan di sekolahan grastis di sekolah tinggi Ilmu tarbiyah Muratara.

“Kita juga akan bantu Rp2 Miliar untuk pembangunan, tapi karena penganggaran 2020 sudah diketok mungkin di tahun berikutnya bisa di ajukan lagi. Tapi saya sangat mendukung, jika untuk pendidikan, kesehatan dan peningkatan IPM,” ucapnya. (rat)